Keseleo Saat Melancong? Ketahui Cara Menanganinya Jika merasakan nyeri tandanya kamu keseleo (Foto: Pexels/rawpixel.com)

NAMANYA melancong tentu ada saja hambatan-hambatan yang akan kamu rasakan di perjalanan. Apalagi bagi kamu yang fisiknya kurang kuat. Saat melintasi trek wisata yang medannya tidak menentu, bisa saja kaki kamu mengalami keseleo.

Kalau sudah keseleo kamu pun akan kesulitan melanjutkan aktivitas melancong. Bahkan kalau terlalu parah terpaksa kamu harus membatalkan pelancongan kamu. Karena sembuhnya membutuhkan waktu beberapa hari.

Tapi tidak perlu khawatir, setidaknya kamu bisa melakukan pertolongan pertama jika mengalami keseleo saat melancong. Namun, penting sebelumnya untuk mengetahui tanda-tanda kaki kamu keseleo agar saat mengalaminya kamu tidak akan memaksakannya.

Kompres dengan es batu agar tidak bengkak (Foto: Pexels/Pixabay)

Menurut Go Dok, kamu sedang keseleo jika merasakan rasa nyeri pada bagian kaki. Selain itu, kaki kamu pun akan membengkak dan memar. Akhirnya kaki susah untuk dijadikan tumpuan tubuh untuk berdiri, atau digunakan untuk berjalan. Tidak jarang juga kamu akan merasakan kejang dan kram pada bagian kaki.

Mengatasi keseleo dengan langkah penyembuhan RICE

Rice ialah kepanjangan dari Rest (istirahat), Ice (kompres es), Compress (penekanan), dan Elevate (angkat). Jadi yang pertama, istirahatkan terlebih dulu kaki kamu ketika mengalami keseleo. Banyak istirahat di tempat tidur, dan kalau perlu gunakan tongkat saat berjalan. Pokoknya jangan gunakan kaki terlalu sering.

Kemudian, kompres bagian kaki yang keseleo menggunakan kompres es. Fungsinya untuk mengurangi pembengkakan. Kompres kaki menggunakan kain berisi es selama 20 menit. Lakukan hal ini delapan kali sehari selama beberapa hari. Ingat jangan langsung menempelkan es langsung tanpa kain karena dapat menyebabkan luka.

Setelah itu, lakukan penekanan dengan menekan bagian kaki yang keseleo menggunakan perban elastis. Balut kaki kamu dengan perban itu tapi jangan terlalu kencang. Jika wajah kamu menjadi pucat dan kaki kamu terlalu sakit tandanya kamu terlalu kencang membalut kaki kamu.

Kalau masih belum sembuh konsumsi obat pereda nyeri (Foto: Pexels/freestocks.org)

Terakhir, angkat bagian kaki yang keseleo hingga sejajar dengan bagian atas jantung (di atas dada). Lakukan hal ini sesering mungkin untuk mencegah dan membatasi area pembengkakan. Hal ini juga berguna untuk mengoptimalkan aliran darah ke area kaki. Agar tidak sulit gunakan bantal untuk mengangkat kaki kamu.

Metode RICE sebenarnya sudah cukup membantu kamu. Tapi kalau memang kaki kamu yang keseleo masih belum sembuh juga, kamu bisa mengonsumsi beberapa obat pereda nyeri. Di antaranya ialah ibuprofen, Naproxen, Aspirin, Acetaminophen, dan Asam mefenamat.

Jika tingkat keparahan keseleo kamu masih ringan kamu hanya membutuhkan waktu dua minggu untuk pulih kembali. Tapi kalau sudah terlalu parah, sekiranya membutuhkan waktu selama dua bulan untuk benar-benar pulih dari keseleo.

Sahabat Merah Putih, pokoknya hati-hati ya saat melancong. Jangan sampai kamu keseleo. Kamu sendiri yang akan repot nantinya. (ikh)

Baca juga: Pria Juga Wajib Menjaga Kesehatan Kulit Saat Melancong

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo