Kesejahteraan Prajurit Harus Jadi Perhatian Serius Jenderal Andika Perkasa

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 09 November 2021
Kesejahteraan Prajurit Harus Jadi Perhatian Serius Jenderal Andika Perkasa
Calon panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (8/11/2021). ANTARA FOTO/Galih Pradipta

MerahPutih.com - Panglima TNI baru Jenderal Andika Perkasa diminta untuk memperhatikan serius kesejahteraan prajurit. Harapan ini disampaikan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Semoga bisa terus mendorong transformasi TNI yang kuat kapasitas dan kapabilitasnya serta makin sejahtera prajuritnya," ucap AHY dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (9/11).

Baca Juga

PKS Interupsi Saat Paripurna Jenderal Andika, Pengamat: Gerutu Tak Pada Tempatnya

Putra sulung Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini turut mengucapkan selamat kepada Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa karena pencalonannya sebagai panglima telah disetujui oleh DPR RI.

"Selamat dan sukses untuk Jenderal Andika Perkasa yang telah ditetapkan dan mendapat persetujuan DPR RI untuk mengemban amanah sebagai panglima TNI," kata Ketua Umum Demokrat, sebagaimana juga diunggah di akun Twitter resminya @AgusYudhoyono.

Rapat Paripurna DPR pada Senin (8/11) mensahkan pencalonan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI sebagaimana diusulkan oleh Presiden RI Joko Widodo kepada DPR RI pekan lalu.

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. ANTARA/Genta Tenri Mawangi
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. ANTARA/Genta Tenri Mawangi

Persetujuan itu diumumkan langsung oleh Ketua DPR RI Puan Maharani pada Rapat Paripurna DPR RI.

Keputusan itu diambil oleh DPR RI setelah Andika Perkasa, calon tunggal panglima TNI yang akan menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Komisi I DPR RI minggu lalu.

Dalam uji kepatutan itu, Andika memaparkan visi "TNI adalah Kita".

"Memang sangat singkat. Akan tetapi, justru di sini saya ingin masyarakat Indonesia dan internasional melihat TNI sebagai bagian dari mereka," ujar Andika di hadapan anggota Komisi I DPR RI.

Sejauh ini, Presiden belum memberhentikan secara resmi Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI.

Hadi Tjahjanto, yang memasuki usia pensiun pada tanggal 8 November 2021, masih menjalani tugasnya sebagai Panglima TNI, antara lain memberi arahan-arahan kepada pasukan, memimpin serah terima jabatan, meninjau penanganan COVID-19 di daerah-daerah, sampai membantu Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memastikan keamanan dan ketertiban di daerah-daerah yang akan menjadi lokasi acara skala internasional. (Asp)

Baca Juga

Bagaimana Kans Andika Perkasa Jika Maju di Pilpres 2024?

#Jenderal Andika Perkasa #Agus Harimurti Yudhoyono #Panglima TNI
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan