Kesehatan Harus Didukung Kementerian PU dan Perumahan Rakyat Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek, bersiap meminum jamu bersama dalam gerakan bertema "Bangga Minum Jamu" di Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Jumat (9/1). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

MerahPutih Nasional- Menteri Kesehatan, Nila Djuwita Moeloek mengatakan, pelayanan kesehatan tidak bisa dilakukan sendirian. Meskipun di daerah terpencil harus melibatkan berbagai pihak, terutama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Di daerah terpencil jangan salahkan Kemenkes, pelayanan kesehatan tidak satu menteri aja. Kita lihat infrastruktur," kata Nila, di kantor Kemenkes, Jakarta, Jumat (9/1).

Karena itu, Menkes mengaku sudah bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Sebab, jika suatu wilayah tidak dapat mengakses energi, baik air maupun listrik juga akan merugikan masyarakat dan tenaga kesehatan.

"Kita maunya bersama-sama. Kalau mau bangun bersama Menteri PU, Desa, Mendagri, dan Kemendag karena mereka harus bangun pasar dan apa yang dibutuhkan masyarakat," katanya.

Disamping itu, pelayanan kesehatan akan sia-sia bila perilaku masyarakat tidak menunjukkan hidup sehat.

"Kesehatan tidak bisa berhasil kalau tidak ditunjang masyarakat," pungkasnya. (CND)


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH