Kesederhanaan Etnis Tionghoa Tercermin di Petak Sembilan

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Senin, 25 Januari 2016
Kesederhanaan Etnis Tionghoa Tercermin di Petak Sembilan
Kawasan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat. (Foto: MP/Muchammad Yani)

MerahPutih Wisata - Jika sedang berjalan-jalan di sekitar Kota Tua Jakarta, tak lengkap rasanya jika tidak mampir ke kawasan Petak Sembilan Glodok. Anda akan menemukan suasana berbeda saat berkunjung ke kawasan tersebut.

Sebagai daerah pecinaan atau China town, kehidupan masyarakat etnis Tionghoa yang sangat sederhana bisa ditemukan di kawasan Petak Sembilan. Belum lagi sederet bangunan kuno bergaya Tionghoa menghiasi wilayah Barat Jakarta ini.

Di Petak Sembilan terdapat sebuah pasar tradisional. Berbagai macam kebutuhan disediakan seperti sayuran, buah-buahan, daging hingga pakaian. Di sana rata-rata pedagangnya adalah warga etnis Tionghoa.

Selain itu, Petak Sembilan juga memiliki vihara seperti pecinaan lainnya. Salah satu yang terkenal adalah Vihara Jin De Yuan atau yang juga dikenal dengan Vihara Dharma Bhakti.

Anda pun diperbolehkan masuk ke tempat vihara tertua di Jakarta ini. Selain untuk ajang rekreasi, Anda bisa belajar sejarah kedatangan masyarakat etnis Tionghoa ke Jakarta.

Sayangnya, tahun ini Vihara Dharma Bhakti tidak menggelar perayaan meriah menjelang Imlek seperti pertunjukan barongsai. Hal tersebut karena insiden kebakaran yang menimpa salah satu bangunan di vihara tahun lalu. (yni)


BACA JUGA:

  1. Kenapa Perayaan Tahun Baru Tionghoa Selalu Hujan dan Angin?
  2. Wayang Kulit Tionghoa-Jawa Koleksi Budaya Tionghoa di Nusantara
  3. Wisata Sejarah Tionghoa di Museum Hakka, TMII
  4. Inti Tahun Baru Tionghoa Menurut Pengurus Vihara Dhanagun, Bogor
  5. Dari Batavia Etnis Tionghoa Beralih ke Buitenzorg
#Vihara #Imlek #Tionghoa
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan