Melancong Sendirian? 5 Kesalahan Ini Perlu Dihindari Perempuan Perempuan yang melancong sendirian rentan terancam bahaya (Foto: Pexels/rawpixel.com)

SOLO traveling atau melancong sendirian memiliki kesan tersendiri. Kamu lebih bebas, dan bisa belajar banyak hal baru selama di perjalanan. Tanpa ada yang mengganggu sedikitpun.

Namun, bagi pelancong solo perempuan, mereka rentan melakukan kesalahan. Terutama masalah keselamatan mereka di perjalanan. Hal ini kerap tejadi karena perempuan memang biasa menjadi target para penjahat.

Nah, apa saja sih kesalahan perempuan yang melancong sendirian? Berikut ulasannya menurut laman Smarter Travel.

1. Berpakaian enggak pantas

Banyak perempuan berpakaian kurang sopan saat melancong sendirian (Foto: Pexels/Artem Beliaikin)

Perempuan paling ribet masalah berpakaian. Sampai-sampai saat melancong mereka malah jadi salah kostum. Jangan menggunakan pakaian terlalu terbuka. Masalahnya, di beberapa destinasi memiliki budaya tersendiri perihal kesopanan dalam berpakaian.

2. Enggak memiliki rencana cadangan

Pentingnya memiliki rencana cadangan (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Segala persiapan harus dilakukan. Termasuk memiliki rencana cadangan. Misalnya jika kehilangan paspor. Seharusnya kamu memiliki fotocopy paspor cadangan. Atau supaya lebih aman, foto paspor kamu kemudian simpan di email. Sehingga saat hilang kamu memiliki paspor cadangan.

Baca juga:

Awas Melancong Sendirian Bisa Bikin Stres

3. Memberitahukan lokasi menginap ke orang asing

Orang asing bisa mengikutimu ke penginapan (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Perempuan yang sendirian rentan terancam oleh keberadaan orang asing. Oleh karena itu, jangan pernah memberitahukan lokasi tempat menginap kamu saat melancong kepada orang asing. Termasuk saat berbicara dengan orang di jalan. Jangan sekali-kali menyebut lokasi tempat menginap kamu. Bisa-bisa nantinya kamu diikuti.

4. Mengenakan perhiasan mencolok

Enggak perlu menggunakan perhiasan (Foto: Pexels/Pixabay)

Tentu kamu ingin tetap bergaya dengan mengenakan perhiasan saat melancong. Tapi jangan mengenakan perhiasan berlebihan. Kamu hanya akan mengundang orang jahat atau rampok. Sebaiknya gunakan perhiasan seadanya saja. Kalau perlu malah jangan menggunakan perhiasan sama sekali.

5. Menerima makanan dari orang asing

Jangan tergiur dengan makanan dari orang asing (Foto: Pexels/Pixabay)

Biasanya ini terjadi saat kamu berada di dalam moda transportasi. Seperti di dalam kereta. Jika ada orang asing yang menawarkan makanan. Sebaiknya ucapkan terima kasih saja. Sebab, bisa jadi makanan tersebut berisi obat tidur. Ketika kamu tertidur pun barang kamu bisa-bisa sudah hilang semua.

Bagi perempuan yang melancong sendirian, waspada di perjalanan ya! (ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH