Kesalahan Fatal yang Sebabkan Hubungan LDR Kandas Beberapa hal sederhana sebabkan hubungan LDR kandas (Sumber: Growing Self)
HUBUNGAN jarak jauh atau yang dikenal dengan istilah LDR (Long Distance Relationship) merupakan sebuah ujian paling berat yang bisa dirasakan oleh dua sejoli yang sedang menjalin hubungan. Jarak yang terbentang di antara mereka membuat hubungan yang dijalani lebih riskan. Kenyataan tersebut diperburuk oleh komunikasi yang kurang lancar.

Selain buruknya komunikasi, ada faktor lain yang bisa menyebabkan hubungan LDR rentan kandas di tengah jalan. Berikut beberapa hal yang bisa sebabkan jalinan cinta LDR berakhir begitu saja.
Baca Juga:


1. Berusaha mengatasi perdebatan di malam hari


Marah di telepon
Hindari perselisihan di malam hari (Sumber: Video Blocks)


Berusaha menyelesaikan amarahmu saat kelelahan di malam hari bukan ide yang bagus. Apalagi jika pasanganmu tinggal berkilo-kilometer dari dirimu.

"Ketika kamu dan pasangan tidur di ranjang yang sama, akan jauh lebih mudah untuk berbaikan saat malam dibandingkan dengan seseorang yang tidak dapat kamu sentuh atau atau berinteraksi secara langsung," ujar psikolog dan ahli hubungan asmara, Dr. Carissa Coulston. Daripada terburu-buru menyelesaikan masala, luangkan waktu. Diskusikan masalah yang membuat kamu marah pada hari berikutnya setelah Anda tidur. "Kamu akan memiliki perspektif yang jauh lebih baik tentang masalah yang hendak dibicarakan," urai Coulston.



2. Tidak mengatakan pada pasangan saat kamu membutuhkan perhatian

LDR
Hubungan LDR (Sumber: Thought Catalog)

Kita sering berpikir bahwa ikatan batin dengan pasangan membuat pasangan secara otomatis tahu bahwa kita ingin mereka meluangkan waktu untuk kita. Padahal tidak selalu demikian. "Jarak yang terbentang seringkali membuat pasangan gagal menangkap sinyal yang kita harapkan," kata Coulston.

Gagalnya pasangan menangkap sinyal hanya akan berakhir dengan kekecewaan. Utarakan apa yang kamu harapkan padanya. Meskipun tidak bijaksana untuk mengatakan hal tersebut pada pasangan secara terus-menerus, komunikasi jelas penting untuk hubungan jarak jauh yang sehat. Jika kamu tidak meminta perhatian saat membutuhkannya, hubungan itu mungkin memburuk dan mengarah pada perpisahan. "Sinyal fisik seringkali hanya terlihat secara langsung, jadi tidak mengherankan jika orang yang Anda cintai tidak menyadari perasaan Anda," katanya. "Jika Anda ingin membagikan lebih banyak waktu pasangan Anda, bicarakan dengan mereka tentang hal itu." jelas Coulston.

Baca Juga:

Hubungan dengan si Dia Bisa Rusak karena Media Sosial



3. Jadwalkan momen intim bagi yang jalani pernikahan jarak jauh

Hubungan intim lewat telepon
Hubungan intim lewat video call (Sumber: Hello Giggles)

"Menjadwalkan waktu untuk berbicara itu penting, tetapi sama pentingnya dengan menjadwalkan waktu untuk berhubungan seks lewat video atau telepon, " ungkap Adina Mahalli, MSW, konsultan kesehatan mental dan pakar hubungan bersertifikasi.

Menurut Maalli, keintiman suami istri akan sangat kurang tanpa kedekatan fisik satu sama lain. Dengan menyisihkan waktu untuk memiliki 'kencan' malam sangat penting untuk hubungan. "Meskipun kamu dan pasangan tidak dapat secara fisik menyentuh, kalian dapat membentuk koneksi virtual yang kuat," urainya. Apabila kamu dan pasangan merasa canggung untuk melakukannya, mulailah dengan pesan teks. Ketika sudah mulai terbiasa, kalian bisa meningkatkan dengan metode yang lebih intim seperti telepon dan video.


4. Hanya berbicara tentang hal penting

Hubungan asmara
Bicarakan banyak hal dengan pasangan saat LDR (Sumber: Reader's Digest)

"Tetap terbuka dan berkomunikasi secara teratur sangat penting dalam hubungan jarak jauh," kata Mahalli. Selain frekuensi komunikasi, topik pembicaraan yang dibahas dengan pasangan penting untuk menjaga ikatan hubungan agar tetap kuat. Kamu mungkin berasumsi bahwa hanya topik penting yang melibatkan emosi saja yang penting dibicarakan dengan pasangan, padahal hal terkecil pun juga layak untuk dibicarakan. Hal yang tampaknya paling tidak signifikan dari kehidupanmu justru menjadi topik paling signifikan yang dapat memperkokoh hubungan.

"Berbicara tentang hal-hal sepele yang terjadi pada siang hari dan emosi yang kamu rasakan sama-sama penting untuk menjaga hubungan jarak jauh yang sehat," katanya. Menceritakan tentang perilaku konyol teman saat di kantor atau topi yang sedang kamu incar bisa membuat pasangan memahami seluk beluk dirimu. Pengetahuan tersebut tentu membuat hubungan semakin hangat dan kokoh. (avia)

Baca Juga:

3 Cara Ampuh Lawan Rasa Bosan dalam Menjalin Hubungan Asmara

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH