Kerja Sama Konten Kreator Seluruh Dunia untuk Dunia Lebih Baik (Sumber: Ist)

LEBIH dari seratus kreator Youtube berkunpul di London untuk menghadiri Creators for Change Summit Rabu (24/1) waktu setempat. Konferensi ini diadakan untuk merayakan pencapaian tahun sebelumnya. Selain itu, acara ini juga untuk mempererat kolaborasi antara para penggerak perubahan sosial selama setahun ke depan. Konferensi ini dihadiri oleh kreator dari seluruh dunia, termasuk Indonesia yang diwakilkan oleh Cameo Project.

Dilansir Youtube Indonesia, Cameo Project merupakan kelompok kreator asal Indonesia yang membentuk YouTube channel pada tahun 2012. Pada 2017, Cameo Project ditunjuk sebagai Duta YouTube Creators for Change dari Indonesia.

Sebagai kelompok kreator yang mewakili Indonesia dalam program ini, Cameo Projects memiliki misi yang sejalan dengan program yang diinisiasikan oleh YouTube, yaitu menginspirasi dan mendorong penyebaran konten yang positif.

Pada tahun 2017, para kreator ini membuat sebuah proyek lintas negara yang mengajak dan mengedukasi 2.000 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di 10 kota dari seluruh Indonesia untuk membuat konten-konten video yang dapat memberikan dampak positif bagi komunitas di sekitar mereka. Mereka juga bekerja sama dengan sebuah LSM lokal, Maarif Institute.

Kerjasama Konten Kreator seluruh dunia Untuk Dunia Lebih Baik
(Sumber: Youtube Indonesia)

Topik yang diangkat misalnya seputar toleransi terhadap etnisitas dan agama minoritas, serta literasi digital untuk memerangi berita hoax yang marak di dunia maya.

Selain Indonesia, program ini juga berkolaborasi dengan berbagai organisasi sosial dan ahli dari Australia, Jerman, Israel, Spanyol, Turki, Inggris, Perancia, dan Belgia.

Sepanjang tahun 2017, YouTube Creators for Change telah mengedukasi lebih dari 15.000 anak muda di lebih dari 200 lokasi melalui berbagai bentuk upaya, termasuk kelas-kelas dan program sekolah. Para kreator telah membuat puluhan video yang menunjukkan kekuatan video dalam mendorong empati dan rasa saling mengerti di seluruh dunia.

"Melalui komitmen investasi yang baru, kami akan mengumumkan penerima dukungan produksi yang akan tersedia dalam beberapa bulan ke depan," papar Head of YouTube Public Policy Juniper Downs. (Avia)


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH