Kerjasama Bareng BTS, Sejumlah Perusahaan ini Jadi Lebih Terkenal

Muchammad YaniMuchammad Yani - Rabu, 21 Juli 2021
Kerjasama Bareng BTS, Sejumlah Perusahaan ini Jadi Lebih Terkenal
Berhasil merekrut BTS, sejumlah perusahaan ini jadi lebih sukses. (Foto: McDonald's)

TUJUH personel BTS bukan cuma andal mengguncang panggung atau tangga lagu, mereka juga punya wajah yang jadi incaran setiap perusahaan. Melihat popularitas BTS yang begitu masif, tak heran kalau sejumlah brand berusaha merekrut mereka sebagai model iklannya. Mulai dari perusahaan makanan, minuman, pakaian, mobil, telepon genggam, dan peralatan rumah tangga semua berlomba-lomba menggaet BTS. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk meningkatkan penjualan.

Di antara sekian banyak, hanya beberapa perusahaan saja yang berhasil teken kontrak dengan artis di bawah naungan HYBE Labels itu. Terbukti, ini merupakan langkah yang tepat sebab minat warganet terhadap perusahaannya langsung meningkat signifikan.

Baca juga:

Gunakan Bahasa Isyarat di Koreografi ‘Permission to Dance’, RM BTS Ngaku Bersenang-Senang

Berdasarkan data yang diambil dari riset Iprice, ada enam kolaborasi BTS yang paling besar dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Pencarian Google terhadap merek tersebut dapat melonjak lebih dari 80 persen setelah mengumumkan BTS sebagai duta iklannya.

Misalnya saja kolaborasi terbaru antara BTS dan restoran saji cepat McDonald's. Rantai makanan populer itu mengalami peningkatan minat sebesar 57 persen dibandingkan periode yang sama setahun lalu. Ini juga terjadi pada brand Coca-Cola yang mendapatkan lonjakan minat sebesar 83 persen.

Data minat enam perusahaan sebelum dan sesudah bekerjasama dengan BTS. (Foto: iprice)
Data minat enam perusahaan sebelum dan sesudah bekerjasama dengan BTS. (Foto: iprice)

Tidak hanya makanan, bahkan BTS berhasil membantu merek mewah sekelas Louis Vuitton. Rumah desain asal Prancis itu berhasil merasakan kenaikan minat senilai 44 persen jika dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya.

Sedangkan untuk kerjasama dengan Samsung, RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, Jungkook sukses membuat peluncuran Galaxy S20+ jadi trending. Naik 43 persen di pencarian Google ketika disandingkan dengan waktu yang sama pada tahun 2019.

Baca juga:

Dukungan CEO YouTube untuk Kampanye BTS 'Permission To Dance'

Ada pula perusahaan yang mengalami kekurangan minat warganet kemudian langsung jadi terkenal sesaat setelah menjadikan BTS brand ambassador-nya. Berasal dari negeri sendiri, Tokopedia harus merasakan penurunan minat sebesar 41 persen pada tahun 2018. Namun, kerjasama situs belanja itu dengan BTS di tahun yang sama membuahkan hasil yang cukup memuaskan. Mereka mengalami kenaikan minat sejumlah 32 persen.

Setelah menjadikan BTS brand ambassadornya, minat Tokopedia meningkat dratis. (Foto: Tokopedia)
Setelah menjadikan BTS brand ambassadornya, minat Tokopedia meningkat dratis. (Foto: Tokopedia)

Sayangnya, tidak semua kolaborasi ini berbuah manis. Satu-satunya brand besar yang tidak terlalu sukses ialah Fila. Pada akhir tahun 2018, merek itu langsung menarik minat banyak orang setelah Footwear News melabeli Fila Disruptor 2 sebagai Shoe of the Year. Akan tetapi setelah beritanya turun, orang tidak lagi mencari Fila di internet. Mereka kembali populer saat berkolaborasi dengan BTS, tapi angkanya 45 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan berita Fila Disruptor 2. Sebab data minat yang tercatat hanya meningkatkan 20 persen saja di akhir 2019.

Melihat hal tersebut, pengaruh BTS mungkin hanya berdampak pada produk-produk tertentu saja. Namun terlepas dari itu, setidaknya semua merek yang bekerja sama setidaknya tidak pulang dengan tangan kosong. (sam)

Baca juga:

Halsey Lahiran, BTS Sambut ARMY Terbaru

#BTS #Musik
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan