Kerja Shift Malam? Ini Caranya Agar Tetap Sehat Kerja shift malam? (Foto: Pixabay/Pexels)

APAKAH kamu mendapat pekerjaan yang meminta bekerja di shift malam? Kamu tidak punya pilihan lain selain menerima tawaran itu. Apalagi kalau pekerjaan tersebut punya gaji besar.

Namun bekerja di shift malam bisa membahayakan kesehatan. Saat bekerja shift malam, otomatis kamu harus begadang. Itu membuat jam internal tubuhmu terganggu. Sains telah menunjukkan bahwa shift malam bisa menurunkan berat badan dan sulit mempertahankan rasa segar seperti beraktivitas di siang hari.

Baca juga:

Boleh Mengonsumsi Buah di Malam Hari, Asalkan ...

Ketika bekerja di shift malam hari, kamu mungkin menemukan kesulitan untuk mengetahui kapan makan dan apa yang harus dimakan. Jadi, dilansir dari Boldsky, inilah beberapa panduan singkat tentang jadwal makan untuk pekerja shift malam.

1. Makan makanan utama sebelum berangkat kerja

Makan makanan utama sebelum kerja (Foto: Pixabay/RitaE)
Makan makanan utama sebelum kerja (Foto: Pixabay/RitaE)

Makanlah makanan utama sebelum berangkat kerja. Jika kamu bekerja di shift sore, makan di siang hari. Jika kamu bekerja pada shift malam, makanlah makanan utama sekitar jam 6 sore sebelum kamu pergi bekerja.

2. Jangan terlalu kenyang

Jangan terlalu kenyang (Foto: Pixabay/Robert-Owen-Wahl)
Jangan terlalu kenyang (Foto: Pixabay/Robert-Owen-Wahl)

Jika di pertengahan jam kerja kamu lapar jangan terlalu banyak makan dan konsumsilah camilan sehat selama shift kerja. Mengonsumsi makanan dalam jumlah besar di malam hari dapat menyebabkan mulas, munculnya gas dan sembelit. Ini juga bisa membuat kamu merasa mengantuk dan lamban.

Baca juga:

3 Mitos Masa Kecil yang Selalu Ada di Dalam Memori

3. Bawa makanan sehat sendiri

Bawa makanan sehat sendiri (Foto: Pixabay/RitaE)
Bawa makanan sehat sendiri (Foto: Pixabay/RitaE)

Lebih baik kamu mengemas kudapan sehat sendiri. Kenapa? Karena di malam hari sulit untuk menemukan cemilan sehat. Kantor kamu mungkin menyediakan makanan untuk karyawannya, tapi pasti makanan yang kurang menyehatkan. kamu bisa membawa camilan sehat seperti apel dengan sepotong kecil keju rendah lemak atau segenggam kacang dengan yogurt rendah lemak.

4. Hindari makanan berlemak

Hindari makanan berlemak saat malam (Foto: Pixabay/RitaE)
Hindari makanan berlemak saat malam (Foto: Pixabay/RitaE)

Saat bekerja di shift malam, hindari makanan berlemak, goreng dan pedas. Makanan seperti ayam goreng, cabai pedas dan burger dapat menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan. Terlalu banyak makan makanan berlemak juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

5. Banyak minum

Banyak minum air putih (Foto: Pixabay/rawpixel)
Banyak minum air putih (Foto: Pixabay/rawpixel)

Sangatlah penting untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Caranya minumlah banyak air. Minum banyak air juga dapat membantu kamu tetap waspada dan tidak akan membuatmu merasa sangat lelah. Selain air putih, minumlah teh herbal tanpa pemanis, dan jus sayuran 100% lebih rendah natrium.

Baca juga:

Bahan-bahan Sekitar Kita yang Terbukti Ampuh Hilangkan Bekas Luka Menghitam


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH