Kerja Keras Tim Merah Putih Demi Indonesia Raya Berkumandang di Piala Thomas Piala Thomas. (Foto: Tangkapan Layar @badmintontals)

MerahPutih.com - Setelah 19 tahun menunggu, Piala Thomas kembali diboyong ke Tanah Airm setelah Skuad Merah Putih menang 3-0 atas Tiongkok atau China yang tahun lalu,sebagai juara bertahan di laga final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10).

Para pemain yang turut menyumbang angka kemenangan untuk Indonesia malam itu, di antaranya tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, serta ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

"Kemenangan ini kami persembahkan untuk seluruh rakyat Indonesia. Kami persembahkan kemenangan dengan merebut kembali Piala Thomas untuk keluarga, pelatih, tim pendukung, pengurus PBSI dan para pecinta bulu tangkis Indonesia,” kata Pebulu tangkis tunggal putra Jonatan Christie dalam keterangan resmi PP PBSIdi Jakarta, Senin (18/10).

Baca Juga:

Penantian Hampir 2 Dekade, Tim Indonesia Bawa Balik Piala Thomas

Jojo, sapaan akrab Jonatan Christie, yang tampil di partai ketiga itu menundukkan Li Shi Feng dalam tiga gim 21-14, 18-21, 21-14, dan sekaligus memastikan kemenangan Tim Merah Putih.

"Tadi saya bermain baik, meski di gim kedua sempat kalah. Di gim kedua saya sudah berusaha mengejar, namun sudah terlambat. Tapi di gim ketiga saya bangkit dan berjuang lagi," ujar Jojo.

Sementara itu, Kapten Tim Thomas Indonesia Hendra Setiawan secara khusus mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekannya yang telah berjuang hingga memboyong Piala Thomas.

"Terima kasih kepada pemain yang telah berjuang. Terima kasih kepada pelatih dan tim pendukung yang telah bekerja kompak hingga kita juara. Keberhasilan ini berkat kebersamaan dan kekompakan tim," ungkap Hendra.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky menambahkan kemenangan Tim Indonesia merebut Piala Thomas bukan hanya hasil dari kerja keras seluruh pemain beserta tim pelatih, tetapi juga atas kuasa Tuhan.

"Yang pasti, pemain, pelatih, kita semua sudah berusaha keras dan bertanding penuh semangat. Tapi kemenangan ini juga karena kuasa Tuhan. Kalau Tuhan sudah berkehendak, tidak ada yang tidak mungkin," ujarnya.

Dari 19 kesempatan sebelumnya, Indonesia sukses meraih 13 gelar juara dan enam kali menjadi runner up. Pencapaian itu membuat Indonesia kini berstatus tim tersukses dalam sejarah Piala Thomas.

Namun, hanya kumandang Indonesia Raya yang menggema di arena tanpa berkibarnya Bendera Merah Putih akibat teguran yang diberikan Badan Anti-Doping Dunia (WADA) hanya terkait implementasi program uji doping.

Indonesia memboyong Piala Thomas diantaranya 1958, 1961, 1964, 1970, 1973, 1976, 1979, 1984, 1994, 1996, 1998, 2000, 2002, dan 2020 (pertarungan kala pandemi).

Tropi Piala Thomas. (Foto: Antara)
Tropi Piala Thomas. (Foto: Antara)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan kegembiraannya karena tim bulu tangkis Indonesia berhasil merebut kembali Piala Thomas setelah penantian 19 tahun, dengan mengalahkan tim China 3-0, di Ceres Arena, Aarhus, Denmark.

“Piala Thomas akhirnya kembali ke Indonesia setelah penantian 19 tahun lamanya,” tulis Presiden Jokowi di akun resmi instagram @jokowi.

Presiden merasakan ketegangan menyaksikan final laga Piala Thomas 2020 malam ini. Ketegangan itu berbuah kegembiraan setelah pukulan keras Jojo, sapaan akran Jonatan Christie, gagal dikembalikan oleh Shifeng yang akhirnya menutup permainan untuk kemenangan Tim Garuda.

“Ketegangan menyaksikan keseruan laga final Piala Thomas 2020 malam ini akhirnya berubah jadi kegembiraan begitu Jonatan Christie melompat, mengepalkan tangan, dan berteriak girang di akhir gim ketiga. Indonesia juara!” kata Presiden.

Presiden menyampaikan selamat kepada seluruh tim bulu tangkis Indonesia yang telah berjuang mengharumkan nama bangsa.

“Dari Tanah Air, saya menyampaikan selamat kepada seluruh atlet bulu tangkis Indonesia dan para pelatih yang telah berjuang dan mengharumkan nama bangsa,” ujar Presiden Jokowi. (Asp)

Berikut hasil lengkap pertandingan babak final Piala Thomas Indonesia vs China (3-0).

Tunggal putra 1Anthony Sinisuka Ginting vs Lu Guang Zu 18-21, 21-14, 21-16

Ganda putra 1Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs He Ji Ting/Zhou Hao Dong 21-12, 21-19

Tunggal putra 2Jonatan Christie vs Li Shi Feng 21-14, 18-21, 21-14

Baca Juga:

Tim Thomas Indonesia Bertarung Dengan Tiongkok di Final

Penulis : Asropih Asropih
Kanal
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Isolasi di Hotel, Kontingen DKI Dapat Uang Kompensasi Rp 750 Ribu per Hari
Olahraga
Isolasi di Hotel, Kontingen DKI Dapat Uang Kompensasi Rp 750 Ribu per Hari

"Karantina dilakukan selama 5x24 jam demi mencegah penyebaran COVID-19. Selama masa karantina, para atlet dan tim official akan diberikan uang kompensasi sebesar Rp 750.000 per hari,” katanya di Jakarta, Kamis (14/10)

Marcus/Kevin Hattrick Juara Indonesia Open
Olahraga
Marcus/Kevin Hattrick Juara Indonesia Open

Kevin/Marcus juga memastikan gelar juara Indonesia Open tiga kali berurutan, sudah juara sejak 2018.

Deretan Fakta Jelang Belgia Vs Italia
Olahraga
Deretan Fakta Jelang Belgia Vs Italia

Sejumlah fakta menarik turut mewarnai pertemuan Belgia dan Italia. Berikut ini beberapa di antaranya:

Derby Timur Tengah, Ambisi PSG dan Man City dalam Perburuan Juara Liga Champions
Olahraga
Derby Timur Tengah, Ambisi PSG dan Man City dalam Perburuan Juara Liga Champions

Paris Saint-Germain (PSG) akan bentrok dengan Manchester City di leg pertama semifinal Liga Champions. Pertandingan berlangsung di Parc des Princes, Kamis (29/4) pukul 02.00 dini hari WIB.

Persija Siap Hadapi Permainan Keras PSM Makassar
Olahraga
Persija Siap Hadapi Permainan Keras PSM Makassar

Sudirman mengaku sudah melakukan evaluasi permainan Persija. Ia akan menginstruksikan anak buahnya untuk bermain klinis dengan memanfaatkan peluang menjadi gol.

Hasil Liga Champions: Chelsea Bantai Juventus, MU Segel Tiket 16 Besar
Olahraga
Hasil Liga Champions: Chelsea Bantai Juventus, MU Segel Tiket 16 Besar

Kemenangan atas Villarreal juga memastikan langkah Manchester United ke babak 16 besar. Raksasa Inggris itu kini memuncaki klasemen grup F dengan raihan sepuluh poin.

Dewa United Bersedia Jadi Tuan Rumah Liga 2
Olahraga
Dewa United Bersedia Jadi Tuan Rumah Liga 2

Dewa United menyatakan bersedian menjadi salah satu tuan rumah kompetisi Liga 2 musim 2021. Klub milik Tommy Hermawan Lo ini akan memakai Stadion Benteng Taruna, Kelapa Dua, Tangerang, untuk menggelar pertandingan.

Dua Wakil Merah Putih Lolos ke Final Indonesia Open 2021
Olahraga
Dua Wakil Merah Putih Lolos ke Final Indonesia Open 2021

Ganda putri andalan Greysia Polii/Apriyani Rahayu menjadi wakil pertama yang melaju ke final turnamen bulu tangkis Indonesia Open 2021.

Pembangunan Stadion Persija Sudah Setengah Jalan
Olahraga
Pembangunan Stadion Persija Sudah Setengah Jalan

Sepakbola bukan hanya sekadar olahraga

Antonio Conte Tinggalkan Inter Milan
Olahraga
Antonio Conte Tinggalkan Inter Milan

Krisis keuangan yang melanda Inter Milan membuat pelatih Antonio Conte meninggalkan klub yang baru saja meraih scudetto ke-19 ini.