Kerja Dari Rumah Bukan Berarti Leha-Leha! Kerja dari rumah tetap harus menjaga jam kerja. (Pixabay-TeaFarm)

BERTAMBAHNYA jumlah orang positif virus corona membuat beberapa tempat kerja menginstruksikan karyawannya kerja dari rumah. Langkah itu diambil sebagai bentuk mitigasi agar Covid-19 tidak menyebar lebih besar.

Instruksi itu sering disambut meriah para karyawan. Mereka senang karena tidak harus ke kantor, jam kerja lebih fleksibel, dan bisa agak santai. Namun, kerja dari rumah juga bukan tanpa masalah.

Baca juga: Anies Mengaku Ada Petugas Medis di Jakarta Terpapar Corona

Pertama, hampir setiap orang bekerja dari rumah mengandalkan perangkat digital dan sambungan internet. Pastikan, sambungan internet lancar agar kerjaan selesai tepat waktu. Jangan sampai ketika kerjaan harus selesai cepat, sambungan internet justru putus.

kerja
Fokus terhadap pekerjaan meski kerja dari rumah. (Pixabay-TeaFarm)

Kondisi itu membuat seseorang mencari sambung internet di luar rumah. Mereka mungkin ke kedai kopi, kafe, dan restoran. Padahal anjuran pihak terkait dan instruksi kerja di rumah bertujuan untuk membatasi interaksi di luar rumah.

Kerja dari rumah bukan berarti tak ada jam kerja. Tiap pekerjaan dilakukan dari rumah selalu punya tenggat waktu (deadline). Bisa saja tenggat itu hitungan menit, jam, bahkan hari. Pastikan selalu bersiaga di waktu kerja meski tetap di rumah. Tepati tenggat itu agar kerjaanmu tak terbengkalai.

Baca juga: Jumlah Penderita Corona di Indonesia Nyaris 100 Orang

Sering terjadi kerjaan malah terbengkalai selagi kerja di rumah. Mengapa? Paling sering orang menganggap kerja dari rumah berarti libur atau bisa santai. Tak heran bila terkadang bangun siang, jauh dari ponsel untuk komunikasi, dan soalnya, justru pergi.

kerja
Kerja dari rumah harus tetap memperhatikan jam kerja. (Pixabay-TeaFarm)

Kamu harus ingat kerja dari rumah itu bukan libur atau leha-leha, tapi hanya pindah lokasi dari kantor ke rumah. Jadi, masih tetap kerja. Tetap bangun seolah harus berangkat kantor. Siaga di saat jam kerja meski di rumah. Peka terhadap alat komunikasi, dan jangan keluar rumah untuk hal-hal tidak mendesak. (*)

Baca juga: Instagram Ambil Langkah Baru Untuk Perangi Penyebaran Hoax Tentang Corona



Yudi Anugrah Nugroho