Kereta Whoosh Mulai Tenar di Luar Negeri, Sampai Bikin Penasaran Warga Malaysia

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Senin, 20 November 2023
Kereta Whoosh Mulai Tenar di Luar Negeri, Sampai Bikin Penasaran Warga Malaysia
Penumpang kereta feeder KCJB Whoosh. Foto: PT KAI

MerahPutih.com - Nama kereta cepat relasi Jakarta-Bandung, Whoosh sudah mulai dikenal hingga ke luar negeri. Paling tidak, publik di Malaysia banyak yang tertarik dengan kehadiran kereta cepat pertama milik Indonesia tersebut.

Ketenaran Whoosh itu diungkapkan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Menurut dia, saat kunjungan kerja terakhir ke Malaysia, orang-orang di sana banyak yang bertanya tentang Whoosh.

Baca Juga:

KCIC Tambah Perjalanan Kereta Cepat Whoosh Jadi 28 Jadwal Per Hari

"Ketika kemarin saya ke Malaysia, mereka tidak bilang kereta cepat tetapi bilangnya Whoosh-nya bagaimana? Jadi, brand Whoosh itu sudah diketahui banyak orang hingga ke luar negeri," kata Menhub lewat keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (20/11).

Bahkan, lanjut Menhub, ada warga dari Malaysia turut penasaran antusias khusus untuk menjajal langsung Whoosh datang langsung ke Indonesia.

"Mereka mendarat di Kertajati. Lalu menginap semalam di Bandung, naik Whoosh ke Jakarta kemudian kembali ke Malaysia. Ini sangat luar biasa,” imbuh Budi, dilansir dari Antara.

Tak hanya itu, Budi mengungkapkan banyak masyarakat lokal di Indonesia yang juga menjadikan Whoosh sebagai tujuan dan sarana berwisata. Contohnya, kata dia, warga Bandung banyak yang memilih ingin merasakan naik Whoosh.

Baca Juga:

KAI Sediakan KA Feeder Gratis untuk Kereta Cepat Whoosh, Ini Jadwalnya

"Begitu tiba di Jakarta, mereka langsung menjajal LRT yang terkoneksi dengan Whoosh. Lalu mereka wisata kuliner dan kemudian balik kembali ke Bandung pada hari yang sama," tuturnya.

Sebulan setelah beroperasi komersial, Whoosh mendapatkan antusiasme yang tinggi dari warga. Berdasarkan data PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), tercatat pergerakan penumpang tertinggi menembus 21 ribu penumpang dalam sehari.

Adapun sejak dioperasikan, Whoosh sudah melayani 400 ribu penumpang, dengan tingkat okupansi melebihi 95 persen. (*)

Baca Juga

Kereta Cepat Whoosh Beroperasi, Pemkot Bandung akan Bangun Halte Bus

#Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan