Kereta Tergelincir dan Terbakar Tewaskan 30 Penumpang di Kongo Kecelakaan kereta api (ilustrasi). Foto: Rediff

MerahPutih.com - Sebuah kereta api tergelincir dan terbakar mengakibatkan 30 penumpang tewas. Kejadian ini terjadi di wilayah utara Republik Diplomatik Kongo.

Kereta nahas itu tengah bepergian dari pusat pertambangan tembaga dan kobalt Lubumbashi ke Luena, di provinsi Lualaba pada Minggu (12/11), saat meninggalkan jalur rel dan jatuh ke jurang di dekat kota Buyofwe.

"Terdapat kerusakan besar karena mobil tanker terbakar. Sekitar 30 orang tewas dan 26 lainnya luka-luka dipindahkan ke rumah sakit di Lubudi, 25 kilometer dari tempat kejadian," kata Gubernur Lualaba, Richard Mujeykepada Reuters, Senin (13/11).

Sebagaimana dilansir Antara, kereta membawa sejumlah penumpang sebelum kecelakaan tersebut, dan Mujey mengatakan jumlah korban tewas dapat meningkat lebih jauh. Sebelas dari 13 gerbong kereta api terbakar setelah tergelincir.

Pejabat dari perusahaan kereta api nasional Kongo, SNCC, sedang menyelidiki penyebab kecelakaan itu, yang hingga saat ini belum dapat segera diketahui.

Kecelakaan rel relatif umum terjadi di Kongo karena kereta yang telah termakan usia, infrastruktur yang kurang terjaga dan penerapan standar keselamatan yang lemah.



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH