Kereta Paling Lambat di India Tempuh Jarak 46 km dalam 5 Jam

Andrew FrancoisAndrew Francois - Senin, 20 Maret 2023
Kereta Paling Lambat di India Tempuh Jarak 46 km dalam 5 Jam
Rata-rata kecepatan hanya 9 km per jam. (Foto: Seasonsz India Holiday)

JARINGAN kereta api India membentang lebih dari 63.000 km rute kereta api dan 6.800 stasiun. Ada ratusan rangkaian kereta api yang mengangkut orang dari seluruh pelosok negeri. Namun, sejarah awal kereta api di India sangat unik, terutama saat kereta semi cepat belum ditemukan.

Pada saat pemerintahan India berencana memperkenalkan kereta api semi cepat, ada kereta api yang menempuh jarak 46 km dalam waktu 5 jam, dengan kecepatan rata-rata 9 km/jam. Rata-rata manusia saja berlari dengan kecepatan 13 km/jam, dan mengendarai sepeda antara 15-30 km/jam.

Penumpang Nilgiri Express berasal dari stasiun kereta Mettupalayam dan berakhir di stasiun Ooty. Kereta penumpang Mettupalayam-Ooty Nilgiri adalah kereta paling lambat di India, berjalan dengan kecepatan 9 km/jam, kira-kira 16 kali lebih lambat dari kereta tercepat di India.

Baca juga:

Pemerintah Tetapkan Arak bali Jadi Warisan Budaya Tak Benda 2022

Kereta yang sangat canggih pada zamannya. (Foto: TripSavvy)

Kereta paling lambat di India itu melewati stasiun Keller, Coonoor, Wellington, Lovedale, dan Ootacamund. Menurut laman UNESCO, pembangunan Kereta Api Gunung Nilgiri pertama kali diusulkan pemerintah pada 1854. Namun, karena sulitnya lokasi pegunungan, pekerjaan tersebut dimulai pada 1893 dan selesai pada 1908.

UNESCO juga mengatakan rel kereta api dengan ketinggian 326 meter hingga 2.203 meter tersebut merupakan teknologi terkini saat itu. Gerbong kereta penumpang Mettupalayam Ooty Nilgiri berwarna biru dan krem terbuat dari kayu, dengan jendela ukuran besar untuk menikmati keindahan pemandangan perbukitan Nilgiri.

Kereta ini memiliki gerbong Kelas Satu dan Kategori Umum. Kereta berangkat dari stasiun Mettupalayam pada pukul 07:10 dan mencapai Ooty sekitar pukul 12 siang. Kemudian kereta berangkat dari Ooty pada pukul 2 siang dan kembali ke stasiun Mettupalayam pada pukul 17.30.

Baca juga:

Melewati jalur pegunungan. (Foto: Zee Business)

Tiket dapat dipesan di Kereta Mainan Kalka-Shimla, di konter stasiun kereta api atau situs web IRCTC. Artinya, hingga kini kereta tersebut masih dioperasikan dan kamu masih bisa menikmati perjalanan 46 km yang ditempuh dalam waktu 5 jam bersama kereta Nilgiri Express.

UNESCO mengakui Kereta Gunung Nilgiri sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 2005, dan sejak itu dikenal sebagai 'Kereta Api Gunung India'. Dalam perjalanan sejauh 46 km, kereta akan melewati 16 terowongan, 250 jembatan, dan 208 belokan. (waf)

Baca juga:

Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan