Wisata

Kereta-kereta Mewah yang Bisa Buat Mudik, Harganya?

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 08 Juni 2018
Kereta-kereta Mewah yang Bisa Buat Mudik, Harganya?
Ruang utama kereta Sumatera. (Foto: indorailtour)

MUDIK sudah menjadi tradisi tahunan masyarakat Indonesia jelan Hari Raya Idulfitri atau Lebaran Idulfitri. Lebaran menjadi momen masyarakat kota kembali ke kampung halamannya masing-masing. Para perantau menemui keluarga mereka di kota kelahiran meski dalam waktu yang tidak lama.

Saat ini sarana transportasi juga semakin banyak. Tentu dengan segala kebihan dan kekurangannya. Salah satu sarana transportasi yang banyak digunakan oleh para pemudik yaitu kereta api.

Nah, bagi kamu penggemar transportasi kereta api, kamu bisa menggunakan Kereta Api Pariwisata selain kereta api reguler. Kereta api reguler biasanya sudah habis sejak dibuka online. Untuk kereta pariwisata kamu harus booking dari jauh-jauh hari.

Pemesanan bisa perorangan dan charter melalui booking via telpon atau datang langsung ke konter di beberapa kota. Melayani jarak pendek, menengah dan jauh, seperti ke Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Malang, dan Surabaya. Harganya beragam, untuk perorangan jarak pendek sekitar Rp 250 ribu, sedangakan jarak jauh mulai dari Rp 650 ribu juga. Sedangkan waktu mudik bisa mencapai Rp 300 ribu untuk jarak pendek dan hingga Rp 1 juta untuk jarak jauh.

Berikut kereta pariwisata yang disediakan KA Pariwisata. Semua dilengkapi fasilitas mewah, seperti dari laman Kereta Api Pariwisata;

1. Kereta Bali

Kereta Bali. (indorailtour.com)
Kereta Bali. (Foto: indorailtour)

Interior kereta ini kental dengan nuansa budaya Bali. Didesain secara cantik dan apik dengan bubuhan ukiran serta lukisan yang bernuansakan Pulau Dewata itu.

Kereta wisata bali bernomor seri S.67801 memiliki 20 tempat duduk ekslusif dalam 2 ruangan, 16 tempat duduk terletak di Meeting Room dan 6 tempat duduk di ruangan khusus (kabin). Fasilitas lainnya seperti mini bar, kamar mandi (toilet), audio/video dan pendingin ruangan (AC) tersedia di dalam kereta ini.

2. Kereta Nusantara

Salah satu fasilitas kereta Nusantara. (indorailtour.com)
Salah satu fasilitas kereta Nusantara. (Foto: indorailtour)

Kereta wisata Nusantara memiliki desain interior dan segala pernak–perniknya menggambarkan seni dan keindahan dari berbagai pelosok pulau di nusantara. Kereta yang bernomor seri 67501 ini memiliki kapasitas tempat duduk eksklusif untuk 19 orang. Kamar tidur untuk 2 orang yang dilengkapi kaca rias, lampu tidur dan wastafel.

Untuk melihat pemandangan luar arah belakang secara leluasa tersedia balkon VIP, sedangkan lobi tengah yang ditata mewah dilengkapi audio/karaoke system, video/TV monitor, pendingin ruangan (AC), kamar mandi (toilet) juga tersedia di dalam kereta ini.

3. Kereta Toraja

Fasliitas minibar kereta Toraja. (indorailtour.com)
Fasliitas minibar kereta Toraja. (Foto: indorailtour)

Kereta wisata Toraja berinterior kereta ini kental dengan nuansa budaya Toraja. Didesain secara cantik dan apik dengan bubuhan ukiran serta lukisan yang bernuansakan budaya Toraja. Fasilitas lainnya seperti mini bar, kamar mandi (toilet), audio/video dan pendingin ruangan (AC) tersedia di dalam kereta ini.

4. Kereta Jawa

Kereta Jawa. (indorailtour.com)
Kereta Jawa. (Foto: indorailtour)

Kereta wisata Jawa didesain dengan segala pernak–perniknya yang menonjolkan seni dan keindahan dari budaya Jawa. Kereta ini memiliki kapasitas tempat duduk ekslusif untuk 20 orang. Kamar tidur untuk 2 orang yang dilengkapi kaca rias, lampu tidur dan wastafel.

Tersedia mini bar yang bersebelahan dengan ruang serba guna yang mana dapat digunakan sebagai tempat meeting atau menjadi meja makan keluarga.

Ruangan menarik lain ada pada ruang utama yang ditata mewah dilengkapi audio, video/TV monitor, keseluruhan ruang kereta dilengkapi pendingin ruangan (AC), dan tak ketinggalan toilet yang bersih.

5. Kereta Sumatera

Kereta Sumatera. (indorailtour.com)
Kereta Sumatera. (Foto: indorailtour)

Kereta wisata Sumatera memiliki kapasitas tempat duduk ekslusif untuk 22 orang. Meski bercorak sama dengan kereta wisata Jawa, namun kereta wisata Sumatera ini tidak dilengkapi kamar tidur, diganti dengan ruang privat yang dilengkapi fasilitas audio-video untuk berkaraoke atau menonton film.

Tersedia pula minibar yang bersebelahan dengan ruang serba guna yang mana dapat digunakan sebagai tempat meeting atau menjadi meja makan keluarga.

Ruang utama yang ditata mewah dilengkapi audio, video/TV monitor, keseluruhan ruang kereta dilengkapi pendingin ruangan (AC), dan tak ketinggalan toilet yang bersih.

6. Kereta Imperial

Kereta imperior. (indorailtrail.com)
Kereta imperior. (Foto: indorailtrail)

Kereta wisata Imperial memiliki interior kereta terbaru yang didesain khusus untuk memberikan pengalaman perjalanan jarak jauh nyaman. Kereta ini memiliki tempat duduk yang dapat direbahkan hingga 135 derajat (reclining seat), dilengkapi dengan head rest fleksibel yang dapat disesuaikan untuk kenyamanan posisi istirahat kamu.

Setiap kursi sudah dilengkapi meja portable. Tersedia juga power socket di sebelah kursi sehingga selama perjalanan kamu tetap dapat menyelesaikan pekerjaan dengan laptop atau gadget lainnya. Untuk menambah kenyamanan Anda dalam membaca, kami telah menyediakan lampu baca pada atap kursi.

Fasiltas lain: Karaoke, minibar (termasuk makanan & minuman), bagasi (20 kg) dan toilet.

7. Kereta Priority

Kereta Priority. (indorailtour.com)
Kereta Priority. (Foto: indorailtour)

Kereta wisata Priority yaitu kereta seri yang dilengkapi dengan LCD TV layar sentuh pada tiap kursi, sehingga selama perjalanan, kamu dapat menikmati ragam pilihan hiburan audio dan video.

Selain kursi yang sudah dilengkapi meja portable, tersedia juga power socket di sebelah kursi sehingga selama perjalanan kamu tetap dapat menyelesaikan pekerjaan dengan laptop atau gadget lainnya. Kamu dapat bersantai dengan kenyamanan kursi ergonomis dengan ruang kaki yang lapang.

Fasiltas lain: Karaoke, minibar (termasuk makanan & minuman), bagasi (20 kg),dan Toilet. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Buah Tangan yang Patut Dibawa saat Silaturahmi Lebaran

#Kereta Api #Mudik Lebaran
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan