Kereta Cepat Whoosh Jadi 40 Kali Perjalanan Saat Libur Nataru

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Minggu, 03 Desember 2023
 Kereta Cepat Whoosh Jadi 40 Kali Perjalanan Saat Libur Nataru
Rangkaian Kereta Cepat Whoosh Jakarta-Bandung melintas di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI.

MerahPutih.com - Kereta Cepat Jakarta - Bandung saat ini menjadi pilihan warga yang ingin pergi ke dua wilayah ini.

Jumlah perjalanan reguler Kereta Cepat Whoosh di bulan Desember meningkat 42 persen, dari 28 perjalanan menjadi 40 perjalanan di bulan Desember.

Baca Juga:

Waspada Penipuan, KCIC Imbau Masyarakat Beli Tiket Kereta Cepat di Saluran Resmi

Jumlah tersebut juga diikuti dengan jumlah perjalanan KA Feeder dari Padalarang menuju Bandung, Cimahi, dan sebaliknya.

Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa mengatakan, penambahan perjalanan ini merupakan persiapan menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024.

Dengan adanya penambahan jadwal perjalanan ini, Kereta Whoosh kini dapat melayani lebih banyak masyarakat dengan jadwal yang lebih bervariasi.

Penambahan perjalanan ini juga mempersingkat headway atau jarak antar perjalanan, menjadi rata-rata headway menjadi 37 menit di jam sibuk pagi dan sore menjelang malam hari.

Adapun jadwal perjalanan Kereta Cepat di hari kerja akan dimulai pada pukul 06.15 WIB dan berakhir pada 20.30 WIB.

"Jika dibandingkan dengan awal pengoperasian pada bulan Oktober sebanyak 14 perjalanan, jumlahnya sudah meningkat hampir dengan 3 kali lipat. Diharapkan penambahan jadwal ini bisa memenuhi kebutuhan dan tingginya permintaan penumpang," kata Eva kepada MerahPutih.com, Minggu (3/12).

Meski 40 perjalanan kereta ini sudah merupakan strategi peningkatan layanan untuk menyambut sejumlah momen libur dibulan Desember, seperti libur sekolah, natal, dan tahun baru, namun KCIC tetap siap jika pada libur panjang akhir tahun nanti perjalanan kereta perlu kembali ditambah. KCIC memastikan seluruh sarana saat ini dalam kondisi handal dan siap operasi.

Sejak resmi beroperasi sejak 17 Oktober 2023 lalu, Kereta Cepat Whoosh telah menjual lebih dari 683 ribu tiket termasuk pemesanan untuk perjalanan hingga 5 Desember 2023. Adapun saat ini dari setiap rangkaian yang beroperasi okupansi mencapai 80-95 persen.

Eva menambahkan, peningkatan layanan pada penumpang yang dilakukan antara lain penyediaan integrasi moda bagi penumpang dan penyempurnaan layanan bagi penumpang di area stasiun. Area komersil di area stasiun juga akan terus ditambah secara bertahap untuk melayani penumpang kereta cepat Whoosh.

"Kami berharap penambahan jadwal ini akan mendapat respons baik dari masyarakat dan penumpang. Apalagi penambahan jadwal ini juga diiringi dengan berbagai peningkatan layanan yang dilakukan," katanya.

Kementerian Perhubungan melalui Badan Kebijakan Transportasi (BKT) mengeluarkan hasil survei daring potensi pergerakan masyarakat pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024.

Potensi pergerakan masyarakat diprediksi mencapai 107,63 juta orang atau 39,83 persen dari total populasi nasional. Prediksi ini meningkat 143,65 persen dibandingkan prediksi tahun 2022 yang mencapai 44,17 juta orang. (Asp)

Baca Juga:

Damri Uji Coba Layanan Bandara Soetta - Stasiun Kereta Cepat Halim

#Kereta Cepat #Kereta Cepat Jakarta-Bandung #Nataru
Bagikan
Bagikan