Travel

Kereta Cepat Mewah Siap Melintasi Gurun di Arab Saudi

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 31 Maret 2023
Kereta Cepat Mewah Siap  Melintasi Gurun di Arab Saudi
Siap melintasi gurun pasir. (Foto: Unsplash/Tanja Cotoaga)

ARAB Saudi siap memberikan pengalaman baru bagi para turis. Proyek kereta cepat bernama Haramain High Speed Railway yang telah dibangun ini akhirnya rampung. Kereta cepat ini menjadi pertama yang melintasi gurun di Arab Saudi

Kereta cepat yang melintasi gurun ini memiliki kecepatan sampai 186 mph atau 300 kilometer perjam. Kereta ini akan melintasi gurun sebanyak 50 kali dalam sehari dengan lintasan sepanjang 450 kilometer. Proyek kereta cepat ini hanyalah awal dari proyek besar kereta api yang diperkirakan akan berkembang pesat di seluruh Timur Tengah.

Baca Juga:

12 Tempat Wisata Wajib ketika Ingin Mengenal Timur Tengah

Dilansir CNN, biaya dari proyek kereta ini berasal dari kerajaan di Timur Tengah yang menginvestasikan dalam infrastruktur untuk meningkatkan pariwisata dan mendiversifikasi pendapatan di luar minyak.

Siap melintasi gurun Arab Saudi. (Foto: Unsplash/M K)

Para wisatawan dapat mengakses kereta cepat ini dari terminal kedatangan Bandara Internasional King Abdulaziz, hingga stasiun utama yang memiliki bangunan yang megah nan mewah. Untuk dapat merasakan transportasi modern ini, wisatawan dapat membelinya secara daring melalui aplikasi HHR Train yang memiliki bahasa Inggris dan Arab. Karena Arab Saudi memiliki kalender sendiri, pengguna dapat mengubah kalender sesuai dengan bahasa yang digunakan dalam aplikasi tersebut.

Para wisatawan mancanegara juga tidak perlu khawatir karena tidak akan ada pemeriksaan dokumen penting lagi. Namun, dokumen penting seperti paspor akan digunakan saat pengisian data pada pendaftaran aplikasi.

Baca Juga:

Mau Cari Pakaian Lebaran? Nih Outlet Belanja Terbaik di Luar Negeri

Untuk tiket antara Jeddah Al-Suleimanyah dan Kota Ekonomi Raja Abdullah pada hari kerja seharga 57,50 riyal Saudia, atau kurang lebih sekitar Rp 229 ribu. Sedangkan kursi kelas bisnis adalah 97,75 riyal atau sekitar Rp 390 ribu. Tiket ini dapat dibeli di aplikasi HHR Train yang dapat dibayar melalui Apple Pay atau dompet digital lainnya.

Dengan bangunan yang cukup megah dan mewah ini, stasiun kereta cepat ini termasuk sepi seperti stasiun di Jeddah. Hanya terdapat beberapa restoran cepat saji seperti Dunkin Donuts dan beberapa kedai teh atau kopi termasuk Starbucks.

Ada kedai kopi di stasiun kereta cepat ini. (Foto: Unsplash/Gema Saputera)

Para pengguna kereta juga cenderung memilih kelas bisnis untuk tempat mereka, dengan harga yang tidak jauh berbeda. Kelas bisnis menawarkan keuntungan yang lebih menjanjikan, seperti adanya hidangan hummus, roti pita, coklat muffin dan minuman segar seperti jus. Selain itu di masing-masing kursi juga terdapat televisi yang akan menyiarkan khutbah dan beberapa film. (mro)

Baca Juga:

7 Potret Paling Instagrammable yang Membuat Kamu Harus ke Arab Saudi

#Travel
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan