Kereta Cepat China Berhenti Beroperasi, KJRI Imbau TKI Waspada

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Minggu, 16 September 2018
Kereta Cepat China Berhenti Beroperasi, KJRI Imbau TKI Waspada
Kereta Api Cepat China. Foto:CBC

MerahPutih.com - China memutuskan untuk memberhentikan operasional Kereta api cepat di wilayah selatan China, sebagai dampak dari kedahsyatan topan Mangkhut yang melanda kawasan Asia Pasific beberapa hari belakangan ini.

China Railway Guangzhou Group Co (CRGG), dikutip Kantor Berita Xinhua, dalam rilis mereka Minggu (16/9), melansir mengerahkan 10 ribu personel di sepanjang rel wilayah selatan China untuk mengantisipasi kerusakan akibat topan sejak semalam.

Kereta Cepat
Kereta Api Cepat China. Foto: SkyscraperCity

Mereka secara resmi memastikan kereta api cepat di sekitar Pulau Hainan juga tidak melayani penumpang mulai Minggu pukul 16.00 waktu setempat (15.00 WIB). Tercatat beberapa rangkaian kereta api terpaksa ditunda jadwal pemberangkatannya karena badai petir yang mengiringi Mangkhut.

Badan Pusat Meteorologi Nasional China memperkirakan Topan Mangkhut mendarat di Provinsi Guangdong (wilayah selatan) antara Minggu sore hingga malam.

Imbauan KJRI

KJRI
Gedung KJRI. Foto: Sentana

Dilansir Kantor berita Antara, Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Hongkong juga telah mengeluarkan imbauan kepada para tenaga kerja Indonesia untuk mewaspadai cuaca buruk akibat badai Mangkhut.

Sabtu dan Minggu merupakan hari libur kerja yang diberikan majikan kepada para TKI. Jumlah TKI di Hongkong diperkirakan mencapai angka 154.000 yang hampir semuanya pekerja perempuan sektor informal.

Mangkhut sebagai salah satu badai terkuat pada tahun ini dilaporkan telah menewaskan sedikitnya tiga orang dan melukai empat lainnnya di Filipina utara pada Sabtu (15/9) dini hari.

Dua pekan sebelumnya wilayah selatan China juga dilanda hujan deras. Bencana tersebut menyebabkan tiga orang tewas dan tiga lainnya hilang serta menunda sejumlah jadwal penerbangan dari Bandara Internasional Baoan di Shenzhen, Provinsi Guangdong. (*)

#TKI #Kereta Api Cepat
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan