Kereta Cepat Bakal Diperpanjang hingga Bandara Kertajati

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 07 November 2017
Kereta Cepat Bakal Diperpanjang hingga Bandara Kertajati
Kereta cepat di pabrik kereta Guangdong, Cina, Jumat (3/11). Kereta cepat CRRC berwarna putih seperti itu yang akan digunakan di proyek kereta cepat Jakarta - Bandung. (ANTARA FOTO/M. Irfan Ilmie)

MerahPutih.com - Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati, Majalengka, akan didukung fasilitas kereta api cepat mulai dari Jakarta. Proyek tersebut merupakan perpanjangan dari proyek semula yang membuka jalur kereta cepat hanya rute Jakarta–Bandung.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik mengatakan, akses jalur kereta api reguler menuju Kertajati ini akan dimulai dari Rancaekek, Kabupaten Bandung, sampai Tanjungsari, Kabupaten Sumedang. Jalur ini merupakan reaktivasi jalur lama dengan panjang 12 kilometer.

"Rancaekek sampai Tajungsari ini panjangnya sampai 12 kilometer. Ini akan direaktivasi dulu. Kita peran di Pemerintah Provinsi sudah selesai setelah sebelumnya MoU sudah dilakukan antara Pemprov Jabar, Pemerintah Pusat dan PT KAI," ujar Dedi Taufik, di Gedung Sate, Selasa (07/11).

Selain itu, untuk menunjang Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), jalur kereta api reguler ini akan dihubungkan langsung ke Kecamatan Kertajati. Dalam feasibility study (FS) setelah Tanjungsari, jalur baru berbasis rel ini akan menuju Kadipaten dan dilanjutkan menuju Kertajati sebagai gerbang BIJB. Panjang rutenya mencapai 40 kilometer dengan menyusuri Tol Cisumdawu.

"‎Dalam perencanaan ini, track akan sejajar dengan Jalan Tol Cisumdawu," ucapnya.

Sementara, jalur utara tepatnya di Arjawinangun, Cirebon, reaktivasi juga akan dilakukan menuju Kadipaten. Rute ini tinggal diaktifkan kembali karena sebelumnya juga sudah memiliki jalur kereta api.

“Dalam studi lainnya kita ingin menarik dari Pantura atau tepatnya dari Arjawinangun. Ini akan double track," jelasnya. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Yugi Prasetyo, kontributor merahputih.com untuk wilayah Bandung dan sekitarnya. Baca juga terkait kereta cepat Jakarta-Bandung dalam artikel: Muhammadiyah: Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Banyak Masalah

#Kereta Cepat Jakarta-Bandung #Bandara Kertajati
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan