Kereta Api Kembali Beroperasi, Stasiun di Cirebon Mulai Lakukan Persiapan Suasana stasiun Cirebon. Penumpang kereta api menggunakan masker dan face Shield. Foto: Humas KAI Daop 3 Cirebon

MerahPutih.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali mengoperasikan kereta jarak jauh dan kereta lokal reguler secara bertahap untuk melayani masyarakat mulai Jumat (12/6)

Pengoperasian kembali kereta api tersebut dipastikan akan dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Baca Juga

Sejumlah Pedagang Pasar di Jakarta Reaktif COVID-19, Polisi Lakukan Pendataan

Untuk itu, PT KAI Daop 3 Cirebon mulai melakukan persiapan di stasiun untuk memenuhi standar protokol kesehatan COVID-19 seperti memasang stiker pembatas di kursi tunggu dan antrian boarding pass, serta menyiapkan wastafel di sejumlah titik.

"Persiapan kereta reguler mulai beroperasi lagi, hari ini kita mulai pasang stiker pembatas jarak, kita juga menyediakan wastafel untuk cuci tangan," kata Manager Humas PT KAI Daop 3, Luqman Arief saat ditemui di Stasiun Cirebon, Kamis (11/6).

Suasana stasiun Cirebon. Penumpang kereta api menggunakan masker dan face Shield. Foto: Humas KAI Daop 3 Cirebon
Suasana stasiun Cirebon. Penumpang kereta api menggunakan masker dan face Shield. Foto: Humas KAI Daop 3 Cirebon

Selain menyiapkan protokol kesehatan untuk penumpang, seluruh petugas PT KAI juga wajib menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap seperti masker, sarung tangan dan pelindung wajah.

Luqman menambahkan, penataan stasiun sesuai standar protokol kesehatan COVID-19 akan dilakukan di seluruh stasiun yang berada dibawah wilayah kerja Daop 3.

"Tidak hanya di Stasiun Cirebon, semua stasiun di wilayah Daop 3 juga kita siapkan penerapan protokol kesehatan yang direkomendasikan WHO dan Kementerian Kesehatan," lanjutnya.

Baca Juga

Yuk Intip Sederet Fasilitas 'Touchless' di Bandara Soetta Sambut New Normal

Di wilayah Daop 3 Cirebon sendiri kereta yang beroperasi pada tahap awal ini yakni kereta Ranggajati dengan relasi Cirebon-Jember. (*)

Berita ini merupakan laporan Mauritz, kontributor merahputih.com untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya

Kredit : mauritz

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH