Keren, Warga Bandung Berhasil Ciptakan Gitar Tertipis di Dunia Ilustrasi (Pixabay)

PERNAH membayangkan bermain musik dengan gitar tertipis di dunia? Mungkin hal ini bisa diwujudkan karena hasil karya Raka Shidiq. Bahkan pria asal Bandung, Jawa Barat itu mengklaim kalau ia berhasil membuat gitar akustik tertipis di dunia dengan ukuran delapan milimeter.

Meski tipis, gitar ini memiliki keistimewaan karena menghasilkan suara suara akustik yang sebelumnya hanya mungkin dihasilkan oleh desain gitar akustik tradisional.

"Saya membuat ini sebagai inovasi atau revolusi gitar. Karena banyak musisi yang seolah gengsi menggunakan gitar produksi lokal saat manggung," ujar Raka saat ditemui di kantornya, Jalan Sukasenang, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Rabu (4/10).

Raka menjelaskan, awal mula produksi gitar tipis tersebut saat dirinya sudah mulai jenuh dengan pembuatan gitar yang tidak mengalami perubahan bentuk. Apalagi sebagai rumah produksi, gitar konvensional sulit bersaing dengan gitar-gitar buatan luar negeri.

Dalam benaknya, perlu ada inovasi baru agar gitar yang dibuatnya dapat bersaing di pasaran terutama sebagai pesaing gitar-gitar buatan luar negeri. Hingga pada tahun 2015 setelah melalui berbagai penelitian, lahirlah gitar tipis yang dapat digunakan sebagai akustik maupun elektrik.

Meski belum diluncurkan, gitar tipis ini sempat diperkenalkan dalam ajang pameran di tiga negara berbeda. Pameran-pameran tersebut seperti Business of Desain Week 2016 di Hongkong, South-by-SouthWest (SXSW 2017) Austin USA, Salone Del Mobile Milano 2017.

Bahkan gitar ini mendapat predikat The Most Marketable Product di Business of Design Week 2016 di Hongkong serta mendapat respon baik dalam dua pameran lainnya.

"Responnya bagus. Ini masuk ke dalam best produk yang diminati pengunjung di tiga pameran tersebut," katanya.

Ia juga menjelaskan, untuk sisi bahan, 80 persennya berasal dari kayu lokal jenis mahoni dan sisanya hanya asesoris pendukung yang hanya bisa didapatkan dari luar negeri. (*)

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Meski Telah Dikonfirmasi, Gepak Tetap Polisikan Nikita Mirzani


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH