Keren! Rumah Sakit Ini Monitor Pasien COVID-19 dengan Kamera Google Nest Sebuah rumah sakit menggunakan Google nest untuk memantau COVID-19 (Foto: digitaltrends)

DI tengah pandemi corona baru atau COVID-19 saat ini, sejumlah rumah sakit tentu berupaya semaksimal mungkin untuk menangani pasien yang terinfeksi virus tersebut.

Salah satunya Mount Sinai, sebuah rumah sakit di New York City, Amerika Serikat. Rumah sakit tersebut menggunakan kamera Google Nest untuk memantau pasien COVID-19 yang tengah dirawat.

Baca Juga:

WHO Tengah Kembangkan Aplikasi Pelacak COVID-19

Seperti yang dilansir dari digitaltrends, hal itu dilakukan untuk meminimalkan paparan virus tersebut terhadap para pekerja medis. Apalagi Mount Sinai merupakan salah satu dari rumah sakit di New York City, yang paling besar terdampak pandemi virus corona.

Penggunaan Google Nest berguna untuk bisa memantau kondisi pasien tanpa harus terpapar virus corona (Foto: bestbuy)

Karena hal itulah Mount Sinai bekerja sama dengan Google, untuk memasang Nest Cams di kamar perawatan pasien COVID-19, agar para perawat tetap dapat memantau kondisi pasien, tanpa harus terpapar virus corona.

Ada dua buah kamera yang dipasang pada pada setiap kamar pasien, setiap kameranya fungsi yang berbeda. Kamera yang pertama digunakan untuk memantau tanda vital pasien, lalu kamera kedua digunakan untuk berkomunikasi dengan pasien.

"Video dari kamera disiarkan secara langsung pada sebuah alat yang dibuat khusus, yang dipasang di ruang perawat Mount Sinai," ucap Robbie Freeman, Vice President of clinical innovation Mount Sinai.

Baca Juga:

Mengintip Bocoran 'Calon' Fitur-fitur Baru yang Akan Hadir di Instagram

Freeman menambahkan, jika penggunaan kamera ini membuat rumah sakit jadi bisa menghemat penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) serta menjaga keamanan para perawat.

"Kamera ini meningkatkan keamanan untuk paisen, karena dapat memantau semuanya dari ruang perawat. Dan untuk staf kami, ini meminimalkan frekuensi berada di satu ruangan dengan pasien COVID-19," jelas Freeman.

Pihak Rumah sakit tengah mempertimbangkan penggunaan Google Nest untuk pasien selain COVID-19 (Foto: silicon UK)

Saat ini terdapat 100 kamera yang telah terpasangan dan digunakan di Mount Sinai. Pihak rumah sakit pun mulai mempertimbangkan penggunaan kamera Google Nest untuk memantau pasien lainnya, selain pasien COVID-19.

"Teknologi tersebut berpotensi untuk diaplikasikan pada kasus lain setelah krisis COVID-19 ini," ucap Stacy Anderson, juru bicara Mount Sinai.

Mengenai privasi pasien, Google tak akan menyimpan rekaman dari kamera tersebut, atau memiliki akses pada kamera itu. Karena Google telah berkomitmen untuk menyediakan 10.000 Google Nest untuk Mount Sinai, dan fasilitas kesehatan lainnya di AS, guna membantu membantu para pasien COVID-19. (Ryn)

Baca Juga:

Facebook Lebih Fresh dengan Tampilan Baru

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH