Keratin, Rahasia Rambut Indah dan Lurus Meghan Markle Meghan Markle (Foto: Elle)

MODEL asli rambut Meghan Markle sebenarnya ikal. Namun, dalam beberapa kesempatan Markle selalu terlihat cantik dan Anggun rambut lurus. Rupanya yang membuat rambutnya tampak lurus karena dia kerap merawat rambutnya menggunakan keratin.

Mantan penata rambut asal London, Theonie Kakoulli di Nicky Clarke mengatakan Markle kerap melakukan perawatan keratin untuk mempertahankan penampilan rambut lurus dan lembut. "Meghan datang menemui saya setidaknya dua kali untuk perawatan keratin," kata Kakoulli kepada People.

Lalu apa sih keratin itu? Diberitakan Elle, keratin merupakan protein alami pada rambut. Bahan ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki rambut ikal. Atau kamu yang memiliki masalah rambut rusak karena bahan kimia. Di salon-salon, perawatan ini juga sering disebut brazilian blowout.

Namun, menurut penata rambut profesional Linda de Zeeuw, keratin enggak bisa mengatasi ujung rambut yang bercabang. Tetap harus ada perawatan lain yang diberikan dengan masalah rambut seperti itu. Baru bisa diberikan keratin.

Keratin, rahasia rambut lurus dan indah Meghan Markle (Foto: allure.com)

"Anda dapat memperbaiki rambut yang masih utuh, tetapi ujung rambut yang sebenarnya rusak, Anda tidak dapat memperbaikinya dengan perawatan keratin," jelas de Zeeuw. Karena keratin merupakan protein alami rambut pun akan menjadi kuat setelah diberikan keratin.

Perawatan keratin membutuhkan waktu yang cukup singkat. Lebih kurang hanya dua jam. Pertama, rambut akan dicuci terlebih dulu dengan sampo berkualitas. Kemudian, setelah rambut dikeringkan, selanjutnya seluruh bagian rambut akan diberikan keratin.

Baca juga:

Mantel Putih Meghan Markle Jadi Tren di Kalangan Seleb Hollywood

Setelah keratin menyerap pada rambut, rambut akan mulai diluruskan menggunakan alat pemanas. Sehingga keratin akan semakin menyatu pada rambut. "Bagian pelurusan sebenarnya adalah bagian di mana keratin mengunci rambut," kata de Zeeuw.

Jangan keramas selama dua hari setelah rambut diberikan keratin (Foto: Pexels/Element5Digital)

Terakhir, rambut akan kembali dibilas kering. Selanjutnya rambut juga diberikan tambahan bahan produk kecantikan. Supaya hasil perawatan keratin maksimal. Oh iya, kamu juga enggak boleh keramas dulu selama dua hari setelah rambut diberikan keratin.

Selain itu, supaya hasil rambut maksimal dengan keratin. Kamu juga disarankan menggunakan sampo bebas sulfat untuk keramas. Sulfat ini ialah bahan penghasil busa pada sampo.

Jika menggunakan sampo berbahan sulfat, keratin yang sudah menyatu pada rambut bisa rusak. Bahan sulfat juga menyebabkan rambut yang diwarnai menjadi pudar.

Hasilnya, keratin akan membuat rambut kamu tampak lurus dan lembut selama lebih kurang tiga bulan. (ikh)

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH