Kerap Dapati Kritikan Pedas di Kantor? Begini Cara Menghadapinya Ilustrasi Mengkritik (foto: pixabay/sasint)

SETIAP orang yang telah memasuki dunia kerja atau meniti karier, tentunya sudah biasa yang namanya mendapati pujian ataupun kritik. Baik dari atasan maupun sesama rekan kerja.

Kendati kamu sebelumnya telah menyiapkan semuanya dengan baik, itu bukan berarti kamu dapat terlepas dari yang namanya sebuah kesalahan.

Pasalnya, kesalahan bisa terjadi lantaran kamu lupa untuk memenuhi sesuatu atau tak bisa memenuhi ekspektasi dari perusahaan ditempat kamu bekerja.

Namun, meski mendapatkan banyak kritik dan masukan, kamu jangan lantas emosi ataupun kesal. Justru kamu harus belajar lebih giat lagi dan merubah kebiasaan itu untuk menyesuaikan dengan kultur di perusahaan.

Untuk mengatasi hal itu, ada beberapa tips jitu untuk menghadapi kritikan pedas di kantor, seperti yang dilansir dari forbes, berikut 4 cara terbaik untuk menghadapi kritik.

1. Dengarkan dengan Baik

(Foto: pixabay/free-photos)

Meski cukup berat rasanya untuk menerima sebuah kritikan, namun pada faktanya hal itu akan membantumu untuk memperlihatkan kemampuan yang lebih baik lagi pada kesempatan berikutnya. Maka dari itu, cobalah untuk mendengarkan sebuah kritikan atasan atau rekan kerja dengan baik dan tetap dengan pikiran yang terbuka. Guna membantu kamu akan berevolusi sebagai karyawan yang lebih baik dan menjadi kebanggan perusahaan.

2. Pelajari Kritikan Tersebut

(foto: pixabay/startupstokphotos)

Menerima kritikan mungkin tak mengenakan, namun kamu tentu mengetahui jika taka da satupun orang yang terlahir sempurna di dunia ini. Kendati kamu sudah bekerja sesempurna mungkin, sebuah kesalahan bisa saja terjadi di saat kamu berkarirer. Karena itu, dari pada kamu terfokus dengan kritikan pedas, kamu harus melihat sesuatu yang anda bisa pelajari dari kritikan tersebut. Kuncinya selalu berpikir dan memandang dari sisi positif dari setiap hal yang telah anda lalui di kantor.

3. Jangan Bawa Perasaan (Baper)

(foto: pixabay/rawpixel)

Selama berkarier, mungkin kamu telah terbiasa menerima kritikan serta masukan dari kantor. Namun bagi lulus baru yang belum lama bekerja, momen pertama menerima kritikan memang bukan perkara mudah, tapi hal ini akan melatih kamu untuk tetap senantiasa belajar serta terus memperbaiki diri kearah yang lebih baik lagi.

Untuk itu, janganlah terlalu dipikirkan atau dibawa perasaan ketika mendapat kritikan dari atasan, melainkan anggaplah hal itu sebagai momen pembelajaran bagi kamu untuk menimba ilmu dan meniti karir di kemudian hari.

4. Mengucap Terimakasih

(foto: pixabay/089photoshootings)

Setelah mendapat kritikan dan menghadapinya dengan pikiran yang positif, salah satu yang penting adalah mengucapkan terimakasih ketika menerima masukan dari atasan atau kantor kamu.

Karena, selain menunjukan apresiasi bagi pengkritik, hal itu juga akan menunjukan bahwa kamu adalah seseorang yang mau berkembang dan belajar. Karena sikap positif dan keinginan kamu untuk terus belajar akan membuatmu tetap semangat dalam menjalani aktivitas dan sukses meniti karir anda. (ryn)

Baca juga yuk artikel yang lainnya Hubungan Baik dalam Dunia Kerja Menaikan Karier

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala