Kerap Blusukan di Jakarta, Menteri Risma Dinilai Ingin Jegal Anies

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 05 Januari 2021
Kerap Blusukan di Jakarta, Menteri Risma Dinilai Ingin Jegal Anies
Presiden Jokowi saat mengenalkan Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial, di Istana Negara, Selasa (22/12). (Foto: MP/Setpres)

MerahPutih.com - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini belakangan kerap blusukan ke sejumlah titik di DKI Jakarta.

Ia beberapa kali kerap melakukan blusukan dan mengajak para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) agar mau dipindahkan ke panti rehabilitasi sosial.

Baca Juga

Tunawisma Dipindah Risma, Kolong Jembatan Pegangsaan Jadi Taman dan Ruang Interaksi

Terbaru, pada Senin (4/1), dalam blusukannya ke wilayah Thamrin, Jakarta Pusat, Risma menemukan gelandangan yang langsung diajak ke rumah penampungan.

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie menilai mantan Wali Kota Surabaya seperti melakukan manuver politik tertentu.

"Saya lihat gaya ini bagian manuver politik," kata Jerry kepada wartawan, Selasa (5/1).

Mensos Tri Rismaharini. (Foto: Sekretariat Presiden).
Mensos Tri Rismaharini. (Foto: Sekretariat Presiden).

Jerry menilai aksi blusukan Risma ini bisa juga sebagai upaya untuk menjegal Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Apalagi ia juga santer diisukan bakal bertarung dalam Pilpres 2024.

"Barangkali blusukan ini juga salah satu strategi politik untuk menjegal Anies di DKI dan untuk running 2024 mendatang," ujarnya.

Menurut Jerry, gaya blusukan Risma meniru apa yang telah dilakukan Jokowi selama ini, dari saat mulai menjabat Gubernur DKI pada 2012 silam hingga kini yang memasuki masa kepresidenan periode keduanya.

Jerry menilai, Risma merupakan salah satu kader PDIP yang disiapkan untuk maju dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang bersama dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua DPR Puan Maharani.

Oleh karena itu, ia menilai Risma harus membuktikan dirinya terlebih dulu lewat sepak terjangnya di kancah nasional.

Pasalnya, selama ini Risma hanya dikenal sebagai Wali Kota Surabaya dua periode sebelum didapuk menjabat posisi Mensos menggantikan Juliari Batubara yang tersandung masalah korupsi bantuan sosial COVID-19.

"Mensos tempat yang strategis untuk melangkah lebih jauh. Tinggal racikan dan ramuan politiknya seperti apa," ujar Jerry. (Knu)

Baca Juga

Menteri Risma Temui Pemulung Jakarta, Ini Kata Wali Kota Jakpus

#Menteri Sosial #Tri Rismaharini #Anies Baswedan
Bagikan
Bagikan