Keracunan Karbonmonoksida Harus Segera Mendapatkan Oksigen Gas karbonmonoksida bisa datang dari peralatan di rumah. (Foto: Pexels/bruce mars)

KERACUNAN karbon monoksida tidak pernah diketahui. Karena karbon monoksida yang bersifat gas tak pernah ada yang menyadarinya sampai seseorang sudah teracuni. Karbon monoksida merupakan gas yang ditemukan dimana saja.

Laman Go Dok menyebutkan karbon monoksida sejatinya dihasilkan saat bahan bakar, seperti gas, minyak, batu bara, dan kayu tidak terbakar sepenuhnya. Demikian juga dengan arang, bara api yang menyala, asap rokok, serta asap kendaraan bermotor juga menghasilkan karbon monoksida.

Untuk itu menjadi sebuah keharusan ruangan haruslah memiliki ventilasi yang baik. Sistem sirkulasi dan ventilasi yang buruk, serta pemasangan alat pemanas yang salah, biasanya menjadi penyebab utama terpapar karbonmonoksida secara tidak sengaja. Keracunan karbon monoksida secara tidak sengaja dapat terjadi di dalam mobil pula. Keracunan ini menimbulkan gangguan pernapasan, kehilangan kesadaran, bahkan meninggal dunia.


1. Keluar dan cari udara bersih

cewek
Carilah udara bersih menjauhi sumber karbon monoksida. (Foto: Pexels/Oleksandr Pidvalnyi)

Apabila kamu merasakan gejala keracunan, segeralah keluar dari ruangan dan cari udara bersih. Bila dalam ruangan terdapat orang lain ajak orang tersebut keluar, menjauh dari area yang terkontaminasi karbon monoksida. Usahakan tahan napas selama keluar dari ruangan. Karena terus menerus menghirup gas karbon monoksida dapat membuat pingsan.


2. Cari bantuan medis sesegera mungkin

emergency
Korban harus segera mendapatkan pertolongan. (Foto: Pexels/Pixabay)


Jika ada orang lain yang tidak sadar akibat keracunan karbon monoksida, periksalah apa terdapat cedera lain padanya. Kalau memungkinkan matikan sumber karbon monoksida yang menjadi penyebab keracunan.

Jangan buang-buang waktu, segeralah hubungi rumah sakit terdekat, mintalah ambulans datang. Kamu dan korban keracunan lainnya memerlukan bantuan medis sesegara mungkin untuk mendapatkan pasokan oksigen yang cukup.

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH