Kepribadian Seseorang Bisa Dilihat dari 6 Genre Musik Favorit

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Senin, 23 Januari 2023
Kepribadian Seseorang Bisa Dilihat dari 6 Genre Musik Favorit
Kepribadian seseorang dan genre musik favorit. (Foto: Unsplash/Eric Nopanen)

MUSIK telah lama memainkan peran penting dalam kehidupan setiap orang. Itulah sebabnya banyak orang yang bertanya-tanya faktor individu apa yang dapat memengaruhi preferensi musik. Kebanyakan orang mendengarkan musik sebagai cara untuk mengatur suasana hati, memotivasi diri, dan mendapatkan inspirasi.

Namun, seberapa besar pilihan-pilihan dipengaruhi oleh ciri kepribadian yang mendasarinya? Menurut peneliti Adrian North, alasan orang terkadang merasa defensif tentang selera musik mereka mungkin terkait dengan seberapa besar hubungannya dengan sikap dan kepribadian, seperti dilansir laman verywellmind.

Lantas, seperti apa kepribadian seseorang jika dilihat dari genre musik favorit?

Baca juga:

Pandemi Mengubah Kepribadian

Melihat Kepribadian Seseorang lewat 6 Genre Musik Favorit
Pilihan musik didasari oleh kepribadian. (Foto: Unsplash/Blocks)

Pop

Penggemar musik pop hits cenderung ekstrovert, jujur, dan konvensional. Mereka pekerja keras dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Para peneliti mengatakan bahwa mereka cenderung kurang kreatif dan lebih gelisah.

Rap dan Hip-Hop

Terlepas dari stereotip bahwa pencinta rap lebih agresif atau kejam. Para peneliti sebenarnya tidak menemukan hubungan seperti itu. Penggemar rap memang cenderung memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan biasanya ramah.

Country

Penggemar musik country biasanya pekerja keras, konvensional, dan ramah. Orang yang menyukai genre ini sering mengambil keputusan berdasarkan perasaan, orang-orang yang tertarik pada genre ini cenderung sangat stabil secara emosional. Mereka juga lebih konservatif dan tidak terlalu terbuka terhadap pengalaman.

Baca juga:

Peneliti Ungkap Anjing dan Pemiliknya Punya Kepribadian Serupa

Melihat Kepribadian Seseorang lewat 6 Genre Musik Favorit
Kepribadian memengaruhi pilihan musik yang didengarkan. (Foto: Unsplash/CDX)

Rock/Heavy Metal

Terlepas dari citra yang terkadang agresif, para peneliti menemukan bahwa penggemar gaya musik ini biasanya cukup lembut. Mereka cenderung kreatif, tetapi sering tertutup dan merasa kurang percaya diri.

Klasik

Pencinta musik klasik biasanya lebih tertutup tetapi juga nyaman dengan diri mereka snediri dan dunia di sekitar mereka. Mereka kreatif dan memiliki rasa kepercayaan diri yang baik.

Jazz, Blues, dan Soul

Orang yang menyukai musik jazz, blues, atau soul ternyata lebih ekstrover dengan kepercayaan diri yang tinggi. Mereka juga cenderung sangat kreatif, cerdas, dan santai.

Sejumlah peneltian telah menemukan bahwa selera musik sebenarnya dapat memprediksi ciri-ciri kepribadian seseorang. Jadi, genre musik seperti apa nih yang menjadi favorit kamu? (dkr)

Baca juga:

Kenali 5 Tipe Kepribadian dalam Teori Big Five Personality

#Kepribadian #Sains
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan