'Kepoin' Pemilu Serentak RI, WNA Datangi Rutan Cipinang Rombongan WNA memantau pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 di Rutan Klas 1 Cipinang. MP/Asropih

MerahPutih.com - Puluhan Warga Negara Asing (WNA) menyambangi Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Cipinang, Jakarta Timur, pada Rabu (17/6). Kedatangan mereka untuk mengetahui pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) serentak di Indonesia.

Adapun Pemilu tahun ini menjadi sejarah bagi bangsa Indonesia karena menggelar dua pemilihan sekaligus yakni Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg).

"Mereka (WNA) ini memantau proses pencoblosan di Indonesia," kata Rudi, mentor rombongan WNA, kepada wartawan di Rutan Cipinang, Jakarta Timur, Rabu (17/4).

Pantauan Merahputih.com, kedatangan mereka ke Rutan dengan menggunakan sejumlah bus pariwisata. Kedatangan mereka ke Rutan kompak dengan memakai baju abu-abu berkerah dari salah satu lembaga negara. Kemudian dilengkapi dengan topi ada lambang KPU.

WNA Pantau Pemilu
Rombongan WNA memantau pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 di Rutan Klas 1 Cipinang. MP/Asropih

Kata Rudi mereka datang dari berbagai negara di dunia. Lanjut Rudi kebanyakan rombongan berasal dari institusi Kedutaan Besar (Kedubes). "Mereka (WNA) ini dari berbagai negara. Tapi kebanyakam dari duta besar," tuturnya.

Sementara itu, Ketua KPU, Arief Budiman mengatakan ada sebanyak 1.110 pemilih yang berasal dari daftar pemilih tambahan (DPTb) dari 3.300 penghuni Rutan Cipinang. "Ada 1.110 DPTb, dari 3300 penghuni lapas," kata Arief.

Ada 7 TPS yang disediakan KPU dan Kemenkumhan di Rutan Cipinang, yakni TPS 168, 169, 170, 171, 172, 173, dan 174.. Di lapas ini pun para pencoblos dan pejabat Lapas lainnya disuguhkan dengan makanan ringan, teh, serta kopi. (Asp)

Kredit : asropih


Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH