Kepingin Jadi Koki Andal Tapi Masak Air Aja Hangus, Coba Cara-Cara Ini cita-cita jadi koki bisa banget tercapai kalau ada niat dan usaha (pixabay/pexels)

WAKTU kecil melihat Sisca Soewitomo atau Rudy Choirudin memasak makanan yang terlihat lezat di TV rasanya sangat menggugah, ingin sekali bisa seperti mereka dan jadi koki profesional ketika beranjak dewasa.

Tapi realitanya saat sudah dewasa cuma bisa masak air biar mateng, bahkan sampai hangus. Apalagi bedain seperti apa scramble egg, poach egg, dan telur mata sapi. Sedih rasanya kalau semua itu diceritakan.

Baca juga:

Cuma Ada Telur? Tenang, 3 Resep Kekinian Ini Bisa Dicoba di Rumah

Dari fakta menyedihkan di atas, seharusnya jadi semangat untuk tetap belajar sebagai bekal meraih cita-cita menjadi koki profesional. Jangan dulu putus asa walau jurusan kuliah kamu gak nyambung sama dunia masak kuliner.

Jangan juga patah semangat, coba deh cara-cara ini. Setidaknya kamu bisa dikatakan sebagai proffesional chef sama orang terdekat, orangtua atau pasangan.

Beli buku resep masak

Kepingin Jadi Koki Terkenal Tapi Masak Air Aja Hangus, Ikuti Cara-Cara Ini
Cari buku resep di toko buku terdekat. (pixabay/RitaE)

Ini adalah langkah basic yang bisa kamu lakukan untuk mengejar mimpi jadi koki profesional. Caranya pergi ke toko buku dan cari buku resep populer atau ditulis oleh chef terkenal, Gordon Ramsay misalnya.

Jangan langsung sok-sokan masak setelah membeli buku resep itu. Pelajari dulu menu yang cocok dan terlihat mudah untuk dimasak.

Selain itu, pelajari juga perlatan masak yang mungkin akan kamu gunakan. Pisau misalnya, ternyata terdapat kurang lebih 10 pisau berbeda dengan fungsi yang juga berbeda. Kemudian ketahui kegunaan alat masak, jenis panci, hingga cara menyalakan kompor.

Pilih chef favorit

Kepingin Jadi Koki Terkenal Tapi Masak Air Aja Hangus, Ikuti Cara-Cara Ini
Jadikan chef favorit sebagai motivasi untuk memasak (Instagram/@renattamoeloek)

Mempunyai sosok koki favorit bisa dijadikan panutan sekaligus motivasi agar impianmu bisa tercapai. Misalnya chef yang belakangan lagi hits, Renatta Moeloek.

Tapi ingat yang perlu dicontoh dan dikagumi adalah karyanya (masakan), bukan kecantikannya. Janga sampai salah fokus.

Ketahui setiap prestasi yang sudah ia peroleh dari kerja kerasnya. Lalu, pikirkan bagimana caranya kamu mendapatkan hal yang sama. Walaupun sedikit mustahil, tidak ada salahnya untuk terus mencoba.

Baca juga:

Resep Mudah Membuat Ekado ala Restoran Bento

Berguru dari ibu

Kepingin Jadi Koki Terkenal Tapi Masak Air Aja Hangus, Ikuti Cara-Cara Ini
Ibu adalah koki terbaik dalam keluarga. (pixabay/089photoshootings)

Walaupun tidak semua ibu jago masak, terutama mama-mama muda. Jadi bersyukurlah kamu yang memiliki ibu jago masak, minta ilmu langsung darinya.

Cara paling mudah yakni menemani ibu di dapur saat sedang memasak. Walau ujung-ujungnya cuma jadi pesuruh untuk diminta ambil ini itu, di situ kamu dapat belajar dan mengenal bahan dan bumbu dasar memasak.

Kursus masak

Kepingin Jadi Koki Terkenal Tapi Masak Air Aja Hangus, Ikuti Cara-Cara Ini
Ikut cooking class mungkin bisa bikin kamu jago masak (unsplash/@edgarraw)

Kalau niat apapun pasti dicoba dan dilakukan. Cara simple ini cocok buat kamu yang memiliki uang lebih. Dengan membayar, banyak benefit yang didapatkan.

Misalnya kamu enggak perlu repot memilih bumbu yang bahkan mungkin belum kamu tahu. Semuanya sudah di sediakan kalau kamu mengambil jalur berbayar bukan free trial.

Akan lebih mudah kalau ikut kursus masak, kamu tinggal berlatih dan mengasah bakat yang belum tentu ada pada dirimu dalam bidang ini. (ray)

Baca juga:

Buat Sendiri Taiwan Crispy Chicken dengan Resep Sederhana Ini



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH