Kepala Kantor Pajak Madya Jaktim Wahono Saputro Kembali Datangi KPK

Mula AkmalMula Akmal - Kamis, 16 Maret 2023
Kepala Kantor Pajak Madya Jaktim Wahono Saputro Kembali Datangi KPK
Kepala Kantor Pajak Madya Jakarta Timur Wahono Saputro (tiga dari kanan). (Foto: MP/Ponco)

MerahPutih.com - Kepala Kantor Pajak Madya Jakarta Timur Wahono Saputro kembali mendatangi markas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (16/3).

Belum diketahui maksud kedatangan Wahono ke KPK. Dia tiba sekira pukul 08:45 WIB mengenakan kemeja putih lengan panjang.

Baca Juga:

Pimpinan KPK Alex Marwata Seangkatan dengan Rafael di STAN, ICW: Potensi Konflik Kepentingan

Wahono tampak membawa tas jinjing berbahan kain berwarna hijau. Tas ini juga yang dibawanya saat dimintai klarifikasi soal hartanya pada Selasa lalu.

Anak buah Menteri Keuangan Sri Mulyani ini tampak datang seorang diri. Ia enggan menjawab pertanyaan awak media ketika dikonfirmasi soal kedatangannya hari ini.

Wahono sebelumnya telah dimintai klarifikasi terkait harta kekayaannya yang bernilai Rp14 miliar pada Selasa 14 Maret 2023.

Saat itu Wahono juga bungkam dan tak memberikan keterangan apapun kepada para awak media.

Sebelumnya Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengatakan, dari hasil analisa data LHKPN, istri Wahono memiliki keterkaitan dengan kepemilikan aset mantan Kepala Bagian Umum Ditjen Pajak Kemenkeu Kantor Wilayah Jakarta Selatan II Rafael Alun Trisambodo.

"Ternyata saudara RAT kan istrinya tercatat pemegang saham di dua perusahaan yang bergerak di Minahasa Utara yang punya perumahan," ujarnya.

"Kita lihat detailnya, ternyata ada lagi, bahwa perusahaan yang dua ini pemegang sahamnya ini selain istri RAT, ada lagi istri orang pajak juga. Kita sebut namanya saudara Wahono Saputro," sambung Pahala.

Baca Juga:

KPK Telaah Laporan IPW Terhadap Wamenkumham

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Wahono Saputro memiliki total kekayaan sebesar Rp 14.312.289.438 atau Rp 14 Miliar.

Wahono melaporkan hartanya pada 7 Februari 2022 sebagai Kepala Kantor Ditjen Pajak Kemenkeu.

Harta Wahono terdiri dari harta tidak bergerak dan harta bergerak. Untuk harta tidak bergerak, ia tercatat memiliki 10 bidang tanah dan bangunan yang berlokasi di Tangerang Selatan, Jakarta Selatan, Surakarta, dan Kulon Progo. Total nilai aset-aset itu sebesar Rp 12.682.752.000.

Sementara untuk harta bergerak, Wahono memiliki tiga unit mobil yakni, Mobil Honda CRV Tahun 2014, Mobil Honda HRV Tahun 2016, dan Mobil Toyota Camry 2.5 V Tahun 2020. Total nilai aset-aset itu sebesar Rp 930.000.000.

Selain itu, Wahono juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp 252.000.000 atau Rp 252 juta, surat berharga sebesar Rp 288 juta serta Kas dan setara kas senilai Rp 1.674.455.024.

Wahono tercatat memiliki utang senilai Rp 1.514.917.586. Dengan demikian, total harta kekayaannya setelah dikurangi utang sebesar Rp 14.312.289.438. (Pon)

Baca Juga:

Aspri Wamenkumham Bersedia Datang dan Kooperatif Jika di Panggil KPK

#KPK #Pajak
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan