Kepala BSSN Janji Netral di Pilkada dan Pemilu

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 05 Januari 2018
Kepala BSSN Janji Netral di Pilkada dan Pemilu
Kepala BSSN mendapat ucapan selamat dari Seskab usai dilantik oleh Presiden Jokowi, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (3/1) siang. (Foto: Humas/Rahmat).

MerahPutih.com - Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Djoko Setiadi menegaskan pihaknya selalu menjaga netralitas selama Pilkada Serentak 2018 serta pemilihan umum yang akan digelar pada 2019.

"Percayalah kami ini tentang kegiatan pilkada dan pilpres tidak pernah berpihak pada satu kelompok atau satu partai pun. Kami netral," ujar dia di Jakarta, Jumat (5/1).

BSSN, kata Djoko, sebagaimana dilansir Antara, sepenuhnya untuk menjaga keamanan dalam perkembangan teknologi saat ini.

Ia mencontohkan perjalanan kereta yang dilakukan dengan teknologi mungkin memiliki ancaman dari penjahat. Disitulah kepentingan BSSN untuk mengamankan kegiatan dari kejahatan yang tidak diinginkan.

Djoko mengatakan terdapat kesalahpahaman pada Lembaga Sandi Negara yang dia dipimpin sebelumnya menjelang pemilihan umum presiden pada 2014.

Saat itu, Lemsaneg bermaksud menunjukkan kepada DPR adanya kelemahan sistem pengamanan pada pusat data di KPU dengan menunjukkan mudahnya Lemsaneg memindahkan data yabg ada di KPU.

"Tapi tuduhan terbalik menjadi Lembaga Sandi Negara bisa membalik dan bisa memenangkan siapa saja," kata Djoko.

Akhirnya pihaknya mengambil keputusan untuk membatalkan rencana membantu keamanan siber KPU karena dikhawatirkan Lemsaneg dituding membantu kemenangan salah satu pihak.

Ia menekankan akan selalu netral dan mengajak semua pihak menyukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 serta pemilihan presiden pada 2019.

"Ke depan yakinlah BSSN bekerja semaksimal mungkin menjaga netralitas. Tidak ada partai didzalimi dari mana pun. Mari bersama mengamankan kegiatan ini," tutur Djoko.

#Kepala BSSN #Badan Siber Dan Sandi Negara #Djoko Setiadi #Pilkada 2018 #Pemilu 2019
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan