Kepala BNPT Sebut Teroris Berusaha Mengembangkan Modus Operandi Kepala BNPT, Komjen Pol Suhardi Alius. (Dok BNPT)

MerahPutih. com - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serta pesta olahraga akbar Asian Games, di mana setiap keramaian akan dapat menjadi sasaran aksi terorisme. Oleh karena itu seluruh unsur pemerintah dan masyarakat diharapkan meningkatkan kewaspadaan.

“Dalam membangun kewaspadaan terhadap radikalisme dan terorisme kita juga harus menyadari kehadiran radikalisme di tengah masyarakat Indonesia yang dinamis,” ujar Kepala BNPT, Komjen Pol Suhardi Alius dalam keterangan tertulis, Jumat (4/8).

Suhardi mengingatkan agar Kominda dan Kepolisian Daerah selalu waspada akan bahaya yang dapat mengancam kedamaian masyarakat dan dapat mendukung keamanan masyarakat di masa mendatang.

“Kalau merasa ada gerak-gerik yang tidak biasa dari lingkungan sekitar kita, lebih baik kita ingatkan dan laporkan. Karena lebih baik mencegah sebelum kejadian,” kata mantan Wakapolda Metro Jaya ini.

Kepala BNPT mengatakan, pelaku aksi terorisme terus berusaha mengembangkan modus dan operandi baru dalam melancarkan aksinya. Bahkan bukan tidak mungkin ke depannya nanti pelaku aksi terorisme akan menggunkan bahan kimia, biologi, radioaktif dan nuklir (kbrn) dalam melakukan akisnya.

“Ke depannya nanti penggunaan KBRN bukan tidak mungkin akan terjadi. Melihat potensi ancaman ini maka seluruh kekuatan di kewilayahan perlu disiagakan dan perlu adanya peningkatan kemampuan bagi para stake holder di wilayah untuk menghadapi segala kemungkinan bentuk ancaman yang akan dihadapi,” ujar pria kelahiran Jakarta, 10 Mei 1962 ini .

Mantan Kapolres Metro Jakarta Barat dan Depok ini. mengatakan, dengan akan diselenggarakannya even olahraga Asian Games 2018 yang akan digelar di Palembang maka kegiatan ini bisa menjadi momentum agar kota Palembang dan provinsi Sumsel pada umumnya untuk bersiap diri dalam menghadapi event besar itu nanti. Karena potensi ancaman terorisme yang dapat terjadi dalam event ini cukup besar. (*)



Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH