Kepala BNPB Sebut Penghentian PPKM dan Penetapan Endemi Belum Diputuskan

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 27 Desember 2022
Kepala BNPB Sebut Penghentian PPKM dan Penetapan Endemi Belum Diputuskan
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto. Foto: ANTARA/HO-BNPB

MerahPutih.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto buka suara soal wacana penghentian Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada akhir tahun ini.

Ia menyampaikan sampai saat ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih mempertimbangkan sejumlah hal sebelum memutuskan.

Baca Juga

Keppres Penghentian PPKM Menunggu Hasil Kajian Sero Survei

"Perubahan pandemi ke endemi belum diputuskan ya, Presiden Jokowi juga masih mempertimbangkan kira-kira kalau PPKM ini dihentikan akan seperti apa dan nanti akan disampaikan secara resmi," kata Suharyanto dalam konferensi pers, Selasa (27/12).

Di sisi lain, pemerintah terus mempersiapkan diri menghadapi transisi pandemi menuju endemi. Prinsipnya, pemerintah perlu mempertimbangkan kondisi COVID-19 di negara lain sebelum menerbitkan kebijakan baru.

"Endemi bukan hanya Indonesia yang menyampaikan, karena itu sifatnya global. Jadi, WHO yang memutuskan," sambungnya.

"Kalau kita lihat rekan-rekan media juga tahu mungkin negara-negara lain juga ada yang melonjak, ya. Seperti media mungkin ada yang memberitakan ada di Tiongkok, ada di Jepang," tambah dia.

Baca Juga

Kapolri Harap Tidak Ada Lagi PPKM pada 2023

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi masih menunggu kajian terkait penghentian PPKM pada akhir tahun. Kepala Negara menargetkan kajian itu selesai pekan ini.

Setelah itu, Jokowi akan mengeluarkan keputusan presiden (keppres) tentang penghentian PPKM. Dia berharap keppres itu terbit akhir tahun ini.

"Sehingga bisa saya siapkan nanti keputusan presiden mengenai penghentian PSBB-PPKM. kita harapkan segera sudah saya dapatkan dalam minggu-minggu ini," ujar Jokowi. (Knu)

Baca Juga

Pembahasan Penghentian PPKM Masih Dikaji

#BNPB #Presiden Jokowi
Bagikan
Bagikan