Kepala Bappenas Minta Anies Benahi Air Bersih untuk Warga Jakarta Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: MP/Asropih

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan arahan pada acara Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tahun 2019.

Musrenbang tersebut dihadiri langsung oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. Bambang memberikan arahan kepada Pemprov DKI tentang garis besar Rencana Kerja Pembangunan Daerah ( KPD) tahun 2020 yang nanti akan menjadi rujukan Anies.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dan Anies
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: MP/Asropih

Dalam arahan itu Bambang memiliki catatan khusus ke Gubernur Anies untuk melakukan pembenahan Infrastruktur mengenai air bersih. Sebab di Jakarta warganya masih belum menikmati air bersih dan sanitasi yang layak.

"Kita bicara mengenai air bersih dan sanitasi karena bagaimana pun masih ada warga DKI yang belum menikmati sarana sanitasi yang layak. Apalagi yang bersih yang layak khususnya bersih yang disalurkan melalui rumah tangga," kata Bambang di BalaiKota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (10/4).

Karena itu, Bambang meminta, agar Pemprov DKI dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2020 memberikan prioritas dan perhatian lebih kepada pelayanan air bersih, sanitasi dan air limbah.

Bambang juga berharap kepada Pemprov DKI adanya perubahan besar dalam pembangunan moda transportasi umum perkotaan di DKI Jakarta.

Ia pun mengapresiasi Pemprov DKI yang saat ini sudah memulai perubahan dengan pembangunan transportasi massal, yang bertujuan agar masyarakat berpindah dari kendaraan pribadi ke transportasi umum.

Air Bersih
Ilustrasi air bersih

"Kami sangat mendukung dimulainya perubahan mindset dari kota yang berbasis kendaraan pribadi, menjadi kota yang berbasis angkutan massal khususnya. Karena DKI penduduk ya sudah 10 juta," jelasnya.

"Jadi maka mau tidak mau angkutan umum perkotaan berbasis rel, harus menjadi prioritas," tutupnya. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH