Kenyang Lebih Lama, 5 Makanan ini Bisa Kamu Andalkan saat Santap Sahur Makanan sahur yang bisa bikin kamu kenyang sepanjang hari saat berpuasa (Foto: Pixabay/stokpic)

SELAMA bulan ramadan, makan sahur mungkin menjadi waktu makan paling penting dalam satu hari (menggantikan fungsi sarapan). Karenanya, makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sahur haruslah makanan yang bisa memberikanmu energi saat puasa di siang hari.

Beberapa makanan punya kemampuan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dengan cara uniknya untuk melepaskan energi tubuh secara perlahan, untuk membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Melansir gulfnews, berikut lima makanan sahur yang mampu membuatmu tidak cepat lapar dan kenyang lebih lama selama menjalani puasa ramadan.

1. Telur

Kenyang Lebih Lama, 5 Makanan ini Bisa Kamu Andalkan saat Santap Sahur
Telur favorit banyak orang sebagai menu sahur yang praktis (Foto: Pixabay/vargazs)

Mudah diolah dan praktis, telur seringkali dijadikan menu sahur oleh banyak orang. Bukan sekedar praktis, ternyata telur merupakan salah satu makanan paling bernutrisi yang ada di bumi dengan kandungan protein di dalamnya.

Selain itu, memakan telur adalah cara yang dikenal baik untuk bisa bertahan kenyang lebih lama, terlebih rasa telur yang cocok dengan banyak lidah orang Indonesia.

Penyajian yang cukup praktis untuk sahur: kamu bisa membuat telur orak-arik dengan campuran sayur bayam, dan memakannya dengan roti gandum.

2. Avokad

Kenyang Lebih Lama, 5 Makanan ini Bisa Kamu Andalkan saat Santap Sahur
Avocad bisa jadi alternatif sahur untuk diet (Foto: Pixabay/Robert-Owen-Wahl)

Buah dengan kandungan lemak nabati sehati ini ternyata juga cocok disantap saat sahur, dengan tekstur dan rasa khas yang kaya akan nutrisi, dan tantunya serat.

Serat pada avocado berkontribusi besar terhadap penurunan berat badan dan juga mengurangi lonjakan gula darah. Manfaat lainnya, avokad bisa membuat kamu kenyang lebih lama, dengan caranya melepas energi perlahan sepanjang hari, sepanjang puasa.

Penyajian praktis avokad untuk sahur: Kamu bisa mencoba menumbuk buah ini lalu di makan bersama roti, dengan tambahan jagung dan potongan tomat. Lebih mudah lagi, cukup buat jus avokad.

3. Salmon Asap

Kenyang Lebih Lama, 5 Makanan ini Bisa Kamu Andalkan saat Santap Sahur
Mengolah salmon asap sebagai santapan lezat untuk sahur (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Ikan salmon dikenal sebagai salah satu makanan penting pemberi nutrisi untuk manusia sejak zaman batu. karena merupakan sumber protein, vitamin dan mineral.

Salmon juga dikenal dengan asam kandungan lemak omega-3, yang merupakan asam lemak penting karena tubuh kita tidak dapat memproduksinya sendiri, harus diperoleh dari makanan, untuk berkontribusi pada fungsi otak yang sehat.

Sebagaimana salmon asap sudah dapat dengan mudah ditemukan di pusat perbelanjaan, kamu bisa mencoba untuk membuat menu sarapan ala Inggris dengan telur, avokad, dan roti gandum untuk menu sahur.

4. Yogurt Yunani (Greek Yoghurt)

Kenyang Lebih Lama, 5 Makanan ini Bisa Kamu Andalkan saat Santap Sahur
Selain menahan lapar, yogurt juga bisa menahan rasa haus (Foto: Pixabay/RitaE)

Makanan yang satu ini memiliki manfaat atau kekuatan protein yang terdapat di dalamnya. Yogurt Yunani dengan tekstur yang khas, merupakan salah satu makanan yang cocok disantap saat sahur.

Yogurt yang satu ini mengandung probiotik dan memiliki jumlah protein dua kali lipat dari yogurt biasa. Sedikit protein tambahan itulah yang akan membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Yoghurt Yunani rendah karbohidrat, dan yang terpenting itu bisa membantumu menghilangkan rasa haus.

5. Quinoa

Kenyang Lebih Lama, 5 Makanan ini Bisa Kamu Andalkan saat Santap Sahur
Salad quinoa untuk santap sahur (Foto: Pixabay/2074413)

Biji-bijian yang belakangan dianggap sebagai superfood ini, mulai banyak dilirik sebagai pengganti makanan pokok. tinggi protein dan memiliki semua asam amino yang penting untuk tubuh kita.

karena quinoa cocok dengan banyak bahan makanan lainnya, itu memungkinkan kamu untuk menikmatinya di berbagai waktu makan, termasuk saat sahur. Quinoa membuat kamu kenyang untuk waktu yang lebih lama, dan pastinya merupakan cara terbaik untuk membantumu melewati hari-hari puasa di bulan ramadan ini. (ADP)

Kredit : anandadimas

Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH