Kentang Sebaiknya Tidak Digoreng! Kentang memiliki keuntungan yang besar bagi tubuh. (Foto: Unsplash/JESHOOTS.COM)

KENTANG dapat mudah ditemukan di pasar. Keberadaanya sebagai sayur tak pernah disadari. Orang hanya mengonsumsinya begitu saja sebagai makanan pokok di samping nasi.

Kentang harganya relatif murah, mudah tumbuh dan dikemas dengan berbagai nutrisi. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dan nutrisi dari kentang, dilansir dari Healthline.


Baca Juga:

Teh-Teh Korea ini Membangkitkan Kebugaran Tubuh

1. Jangan digoreng

kentang
Kentang goreng, tinggi kalorinya. (Foto: Unsplash/Armando Ascorve Morales)


Kentang dapat diolah dengan berbagai cara, direbus, dipanggang, dan dikukus. Namun, menggoreng kentang dapat meningkatkan kandungan kalorinya jika menggunakan banyak minyak. Cobalah mengiris kentang dan memanggangnya dalam oven dengan sedikit minyak zaitun extra virgin dan taburan rosemary. Pastikan untuk tidak menghilangkan bagian kulit karena sebagian besar nutrisi ada pada bagian tersebut. Hal ini akan memastikan kamu menerima jumlah nutrisi maksimum dari kentang.


2. Mengenyangkan

kentang
Makan kentang mempertahankan rasa kenyang. (Foto: Unsplash/Monika Grabkowska)


Selain bergizi, kentang juga sangat mengenyangkan. Dalam satu studi, 11 orang diberi makan 38 makanan umum dan diminta untuk menilai makanan berdasarkan bagaimana mereka merasa kenyang. Kentang mendapat peringkat tertinggi, lebih mengenyangkan. Makanan yang mengenyangkan dapat membantu mengatur atau menurunkan berat badan, karena mampu menahan rasa lapar.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa protein kentang tertentu, yang dikenal sebagai kentang proteinase inhibitor 2 (PI2), dapat mengekang nafsu makan. Protein jenis ini dapat meningkatkan pelepasan cholecystokinin (CCK), hormon yang meningkatkan perasaan kenyang

Baca Juga:

4 Kuliner Samboja yang Kelezatannya Bikin Lupa Daratan

3. Bebas gluten

kentang
Masukan kentang dalam menu diet. (Foto: Unsplash/Dan Counsell)


Diet bebas gluten adalah salah satu diet paling populer di seluruh dunia. Diet ini tidak mengonsumsi gluten, yang merupakan keluarga protein yang ditemukan dalam biji-bijian seperti gandum. Jika kamu menjalankan diet bebas gluten, maka kamu harus mempertimbangkan untuk menambahkan kentang ke dalam menu. Jika kamu memiliki penyakit celiac atau sensitivitas gluten non-celiac, pastikan untuk membaca daftar bahan lengkap sebelum mengonsumsi hidangan kentang.


4. Antioksidan

kentang
Kentang ungu 4 kali lebih tinggi kadar zat antioksidan. (Foto: Unsplash/Nicolas Dmítrichev)


Kentang kaya akan senyawa seperti flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Senyawa ini bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh dengan menetralkan molekul berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas. Ketika radikal bebas menumpuk dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes dan kanker. Penelitian juga menemukan bahwa kentang berwarna seperti kentang ungu memiliki antioksidan tiga hingga empat kali lebih banyak daripada kentang putih. (lgi)


Baca Juga:

Sehatnya Makanan Fermentasi

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH