Kenny Dalglish hingga Steven Gerrard, Ini 5 Pemain Legendaris Liverpool Liverpool memiliki pemain hebat yang legendaris. (Foto: Liverpool FC)

KLUB sepakbola asal Inggris, Liverpool baru saja dinobatkan sebagai juara Liga Inggris 2019/2020 Jumat 26 Juni. Kepastian itu didapat usai Manchester City keok 1-2 dengan Chelsea.

Tagar #Liverpool dan #YNWA ramai diperbincangkan di Twitter sejak Jumat pagi. Sang pelatih, Juergen Klopp tak kuasa menahan air mata saat Liverpool akhirnya menjuarai Liga Inggris.

Baca juga:

Rayakan Juara Premier League, Ribuan Fans Merahkan Kota Liverpool

Liverpool menjadi salah satu klub terbesar dalam sejarah sepakbola Inggris dan Eropa. Klub dengan slogan terkenal You’ll Never Walk Alone ini juga berhasil mencetak pemain legendaris. Mereka yang juga membantu perkembangan klub hingga saat ini. Berikut adalah lima pemain legendaris klub sepakbola Liverpool.

1. Kenny Dalglish

Kenny Dalglish hingga Steven Gerrard, Ini 5 Pemain Legendaris Liverpool
Pernah menjadi manajer Liverpool. (Foto: The Sun)

Sir Kenneth Mathieson atau yang dikenal dengan Kenny Dalglish adalah seorang manajer dan mantan pemain sepakbola asal Skotlandia.

Dalglish berposisi sebagai penyerang dan bergabung dengan Liverpool dari Celtic pada 1977. Dalglish bisa dikatakan cukup mematikan karena kemampuannya menguasai bola dan menciptakan gol yang mudah.

Tampil 502 pertandingan dan mencetak 169 gol, Dalglish juga berkontribusi dalam kesuksesan The Reds. Setelah pensiun, ia pernah menjadi manajer Liverpool di 2011 hingga 2012.

2. Kevin Keegan

Kenny Dalglish hingga Steven Gerrard, Ini 5 Pemain Legendaris Liverpool
Berhasil menyumbang 97 gol dari 321 pertandingan. (Foto: Yorkshire Post)

Kevin Keegan mengawali kariernya di dunia sepakbola di Scunthorppe United pada 1968 dan bergabung bersama Liverpool tiga tahun kemudian.

Bernomor punggung tujuh, Keegan dinobatkan sebagai pemain kedua terbaik di Liverpool. Ia memiliki semangat yang besar, pantang menyerah, serta memiliki fisik yang atletis dibandingkan rekannya.

Membela Liverpool dari 1971 hingga 1977, Keegan berhasil menyumbang Liga Inggris, Champions League, dan Europa League. Dalam 321 pertandingan, Keegan berhasil mencetak 97 gol dari seluruh kompetisi bersama Liverpool.

3. Ian Rush

Kenny Dalglish hingga Steven Gerrard, Ini 5 Pemain Legendaris Liverpool
Salah satu pemain yang ditakuti pada masanya. (Foto: Liverpool FC)

Berposisi sebagai penyerang, Ian Rush mengawali karier sepakbolanya di Chester City pada 1978. Ia kemudian bergabung ke Liverpool pada 1980 hingga 1986. Rush sempat bermain untuk Juventus namun kembali ke Anfield pada 1988 dan melanjutkan kesuksesannya.

Rush bisa dikatakan sebagai salah satu penyerang yang ditakuti berkat pengambilan posisi, kecepatan, kepintaran, dan kemampuan finishing yang cerdas.

Pada masa keemasannya, ia pernah mencetak total 346 gol di semua kompetisi klub yang menjadikannya menjadi pemain terbaik Liverpool. Rush pun berhasil membuat Liverpool mendapatkan lima gelar juara Liga Inggris.

4. Jamie Carragher

Kenny Dalglish hingga Steven Gerrard, Ini 5 Pemain Legendaris Liverpool
Pernah menjadi wakil kapten bersama Steven Gerrard. (Foto: This Is Anfield)

James Lee Duncan adalah bek Liverpool serta pernah menjadi wakil kapten mendampingi Steven Gerrard. Pria kelahiran 1978 ini mengawali karierya di akademi Liverpool pada 1988 dan masuk ke tim senior di 1996.

Berposisi sebagai bek kanan, Carragher membela The Reds hingga mengakhiri masa pensiunnya di 2013.

Kehadiran Carragher berhasil membuat Liverpool menyumbangkan dua gelar FA Cup, tiga League Cup, dua Community Shield, satu Champions League, satu Europa League, dan due UEFA Super Cup.

5. Steven Gerrard

Kenny Dalglish hingga Steven Gerrard, Ini 5 Pemain Legendaris Liverpool
Memutuskan pensiun di 2015. (Foto: This Is Anfield)

Steven George Gerrard adalah mantan pemain Liverpool sekaligus manajer klub sepakbola asal Skotlandia, Rangers.

Bernomor punggung delapan, Gerrard mengawali karier di Liverpool pada 1989 dan masuk ke tim senior pada 1998.

Berposisi sebagai gelandang, konsistensi dan performa Gerrard membuatnya menjadi salah satu pemain legendaris yang pernah membela klub tersebut.

Ia membela The Reds hinngga 2015 sebelum akhirnya pindah ke LA Galaxy dan terlibat dalam kesuksesan timnya yang mendapatkan dua FA Cup. (and)

Baca juga:

Liverpool Juara Premier League Setelah 30 Tahun Puasa Gelar


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH