Kendaraan Melintas di Jabar Capai 8000 Per Jam di Selasa (25/4) Sore

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 25 April 2023
Kendaraan Melintas di Jabar Capai 8000 Per Jam di Selasa (25/4) Sore
Lalu lintas nagreg. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Pemerintah memprediksi akan terjadi arus balik Lebaran 2023 dengan perkiraan mobilitas 203 ribu kendaraan dari arah timur, dari Jalan Tol Trans Jawa, dan dari arah Bandung melalui Tol Jakarta-Cikampek.

Jumlah lalu lintas kendaraan tersebut, meningkat drastis dibandingkan hari biasa yakni 53 ribu kendaraan. Hari ini, one way sudah dilakukan di jalan tol menuju Jakarta.

Baca Juga:

Gelombang Arus Balik, 42 Ribu Pemudik KA Tiba di Jakarta Hari Ini

Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat memprediksi puncak lalu lintas arus balik kendaraan masyarakat terjadi pada H+2 Lebaran 2023, Selasa (25/4).


Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan arus balik itu diprediksi meningkat karena H+2 merupakan hari terakhir libur bagi mayoritas pegawai sehingga masyarakat mulai melakukan perjalanan pulang dari mudik.

"Puncak arus balik lebaran tanggal 25 April dengan perkiraan waktu masuk kerja tanggal 26 April 2023," kata Ibrahim.

Volume kendaraan yang masuk ke daerah Jawa Barat pun mulai meningkat, dan tercatat ada sekitar 7.000 - 8.000 unit kendaraan per jam yang melintas ke Jawa Barat.

Sedangkan untuk H+1, hanya sekitar 3.000 unit kendaraan per jam yang masuk ke Jawa Barat, sementara dalam kondisi normal, lalu lintas masuk ke Jawa Barat hanya sekitar 1.500 kendaraan per jam.


Meskipun begitu, menurut dia, arus balik di jalan tol dan jalur arteri masih dalam kondisi yang ramai dan lancar pada H+2 siang hari ini, sehingga belum ada kepadatan yang berarti.

Dalam menghadapi puncak arus balik, dia pun mengimbau masyarakat untuk mempersiapkan perjalanan dengan sebaiknya seperti mengecek ulang kondisi kendaraan guna menghindari kecelakaan lalu lintas.

"Masyarakat tetap waspada dan jaga kondisi kesehatan fisik dan juga kendaraannya," katanya. (Imanha/ Jawa Barat)

Baca Juga:

Korban Tewas dan Luka Saat Mudik Lebaran 2023 Turun 39 Persen

#Arus Balik Mudik
Bagikan
Bagikan