Kesehatan Mental

Kendalikan Stres dan Kecemasan dengan Cara ini

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 28 Oktober 2021
Kendalikan Stres dan Kecemasan dengan Cara ini
Sebenarnya mudah untuk mengatasi stres dan rasa cemas. (Foto: Unsplash/Jeshoots)

STRES dan kecemasan, pengalaman umum bagi kebanyakan orang. Faktanya, 70 persen orang dewasa di Amerika Serikat mengatakan bahwa mereka merasakan stres atau cemas setiap hari.

Stres dan kecemasan yang berkepanjangan bisa berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental. Maka, kedua hal ini perlu segera kamu atasi. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba beberapa cara yang direkomendasikan laman Healthline untuk mengendalikan rasa stres tersebut.

Baca Juga:

Ketika Stres dan Cemas, Orang Cenderung Memilih Tontonan yang Sudah Pernah Disaksikan Sebelumnya


Olahraga

cemas
Olahraga dapat menurunkan rasa cemas. (Foto: Unsplash/Jonathan Borba)


Olahraga adalah salah satu hal terpenting yang dapat kamu lakukan untuk memerangi stres. Tampaknya kontradiktif, tapi memberikan tekanan fisik pada tubuh melalui olahraga dapat meredakan stres mental. Ini dikarenakan dengan olahraga dapat menurunkan stres tubuh kamu seperti kortisol dalam jangka panjang. Selain itu, olahraga dapat meningkatkan kualitas tidur kamu.


Suplemen

cemas
Lemon balm dedaunan sejeni mint. (Foto: Unsplash/Victor Serban)


Suplemen menjadi salah satu cara untuk mengurangi stres dan kecemasan. Misalnya, lemon balm, lemak omega-3, dan teh hijau. Lemon balm merupakan dedaunan yang masih satu kelompok dengan daun mint. Diketahui bahwa daun ini memiliki efek anti kecemasan. Sementara, omega-3 diuji dapat membantu penurunan gejala kecemasan sebanyak 20 persen.


Aroma terapi

cemas
Gunakan lilin aroma terapi. (Foto: Unsplash/Oxana Melis)


Menggunakan minyak esensial atau membakar lilin beraroma dapat membantu mengurangi perasaan stres dan kecemasan. Aroma-aroma ini terdiri dari lavender, mawar, akar wangi, chamomile, kayu cendana, atau jeruk. Beberapa penelitian menunjukan bahwa aroma terapi dapat menurunkan kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga:

Atasi Panik dan Cemas saat Meeting Virtual


Kafein

cemas
Teh memiliki kandungan kafein. (Foto: Unsplash/Content Pixie)


Kafein adalah stimulan yang ditemukan pada kopi, teh, cokelat, dan minuman energi. Kafein dalam dosis tinggi dapat meningkatkan kecemasan. Setiap orang memiliki tingkat toleransi yang berbeda untuk mengkonsumsi kafein. Jika kamu menyadari bahwa kafein dapat membuat kamu gelisah atau cemas, pertimbangkan untuk menguranginya. Meskipun banyak penelitian yang menunjukan bahwa kopi bisa menyehatkan dalam jumlah sedang, itu tidak bisa disamaratakan untuk semua orang.


Permen karet

cemas
Permen karet ampuh untuk mengurangi gejala kecemasan. (Foto: Pexels/Garrett johnson)


Untuk pereda stres yang mudah dan cepat, cobalah mengunyah permen karet. Sebuah studi menunjukan bahwa orang yang mengunyah permen karet bisa mengalami gejala kecemasan yang lebih rendah. Dijelaskan bahwa permen karet menyebabkan gelombang otak yang serupa dengan orang santai. Penjelasan lainnya, permen karet dapat meningkatkan aliran darah ke otak kamu. (Cil)


Baca Juga:

Cemas Ada Manfaatnya untuk Kesehatan

#Kesehatan Mental #Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan