Kendalikan COVID-19, Jalan Ring 1 dan 2 Bandung Masih Terapkan Jam Malam

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 27 Mei 2021
Kendalikan COVID-19, Jalan Ring 1 dan 2 Bandung Masih Terapkan Jam Malam
Penyekatan kendaraan. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Operasi penyekatan pelarangan mudik lebaran di Kota Bandung telah usai. Tetapi upaya membatasi pergerakan masyarakat untuk mengurangi laju pandemi COVID-19 masih dilakukan dengan menutup sejumlah jalan utama.

Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi Dishub Kota Bandung, Asep Kuswara, mengatakan, meski aturan pelarangan mudik telah selesai, namun guna menekan terjadinya kerumunan, Satlantas Polrestabes Bandung bersama Dinas Perhubungan tetap melakukan penutupan jalan pada pukul 18.00 WIB-05.00 WIB.

Baca Juga:

Posko Penyekatan di Kota Bandung Diperpanjang

"Penutupan di ring 1 dan ring 2, itu menjadi salah satu kolaborasi yang indah untuk mencegah penyebaran virus corona," ujar Asep di Bandung, Jawa Barat.

Asep menilai, penutupan jalan efektif untuk mencegah kerumunan dan mengurangi mobilitas masyarakat di malam hari. Ketika jalur utama ditutup, masyarakat pun menjadi enggan untuk bepergian.

"Efeknya, orang yang tadinya mau berkumpul jadi malas karena susah. Dengan begitu bisa mengurangi mobilitas masyarakat. Intinya kami ingin mengurangi mereka untuk berkumpul. Ini bentuk kepedulian pemerintah, mau kita seperti India? Kan tidak mau," tuturnya.

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Bandung bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung telah memeriksa sebanyak 47.748 unit kendaraan di pos penyekatan pada masa pelarangan mudik 6-17 Mei 2021.

Penyekatan dilakukan di 8 titik, mulai dari GT Buah Batu, GT M. Toha, GT Kopo, GT Pasir Koja, GT Pasteur, Bunderan Cibiru, Bunderan Cibeureum dan Terminal Ledeng.

Cek Poin Kendaraan di Bandung. (Foto: Humas Kota Bandung)
Cek Poin Kendaraan di Bandung. (Foto: Humas Kota Bandung)

Dari jumlah kendaraan yang diperiksa, sebanyak 12.038 unit kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang masuk ke wilayah Kota Bandung berhasil diputarbalikan.

Sedangkan sebanyak 30.646 unit memenuhi syarat dan 5.064 unit kendaraan yang dikecualikan, seperti ambulan dan yang memenuhi persyaratan.

Tak hanya itu, Satlantas Polrestabes Bandung juga menahan tiga travel gelap berasal dari wilayah Jakarta yang melintas ke Bandung. Ketiganya diduga akan mengarah ke jalur selatan.

"Travel gelapnya kami tahan. Kemarin baru dilepaskan setelah selesai kegiatan operasi penyekatan. Untuk penumpangnya dikembalikan lagi ke asalnya," ujar KBO Lantas Polrestabes Bandung, AKP Dody Kuswanto. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Polda Metro Perpanjang Operasi Penyekatan Arus Balik

#Breaking #Bandung #COVID-19 #Kota Bandung
Bagikan
Bagikan