Kendala Pemerintah Garap Proyek Sodetan Kali Ciliwung

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 24 Januari 2023
Kendala Pemerintah Garap Proyek Sodetan Kali Ciliwung
Presiden Jokowi bersama rombongan meninjau proyek Sodetan Ciliwung. (Foto: Humas Pemprov DKI)

MerahPutih.com - Pemerintah telah merampungkan penyambungan pipa dalam pembangunan terowongan atau Sodetan Kali Ciliwung menuju Banjir Kanal Timur (BKT) di Jakarta Timur.

Penjabat (Pj) Heru Budi Hartono menerangkan, dengan selesainya penyambungan pipa itu, pada akhir April 2023 ini sodetan bisa berfungsi mengurangi risiko banjir di ibu kota.

"Penyambungan pipa sudah selesai, tinggal menyambung sekian sentimeter, tadi sudah dilihat oleh Bapak Presiden. Artinya, sodetan di terowongan itu sudah berfungsi, tinggal di sini nanti perapihan untuk sheet pile pelebaran kali dan itu sampai dengan bulan April," ujar Heru saat mendampingi Presiden Jokowi meninjau Sodetan Kali Ciliwung menuju BKT, Selasa (24/1).

Baca Juga:

Jokowi Optimistis Sodetan Ciliwung Selesai pada April

Heru menurutkan, ada beberapa kendala yang ditemui ketika menggarap proyek Sodetan Kali Ciliwung ke BKT, salah satunya pembebasan lahan yang memakan waktu hingga 6 tahun.

"Kendala pembebasan lahan, salah satunya. Namun, masalah pembebasan lahan sudah disosialisasikan oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Timur. Karena, kalau dari sini difungsikan inlet sampai dengan outlet, airnya cukup deras dan besar. Sehingga, kalau tidak bisa dilebarkan di sini (dengan pembebasan lahan), tentunya akan menghambat aliran air tersebut,” terangnya.

Baca Juga:

PDIP Puji Keberanian Pj DKI 1 Eksekusi Proyek Sodetan Kali Ciliwung

Pembangunan sodetan ini akan mengurangi debit banjir Kali Ciliwung dengan mengalirkan air sebesar 60 m3/detik ke Kanal Banjir Timur saat Kali Ciliwung sudah tidak lagi mampu menampung debit air pada perkiraan debit banjir ulang 25 tahunan sebesar 508 m3/detik.

Dengan demikian, hadirnya sodetan ini akan mengurangi risiko banjir pada beberapa kawasan di hilir Kali Ciliwung, seperti Kampung Melayu dan Manggarai. (Asp)

Baca Juga:

Sodetan Kali Ciliwung ke BKT Ditargetkan Rampung Pertengahan 2023

#Sungai Ciliwung #Banjir Jakarta #Penanggulangan Banjir Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan