Otomotif

Kencangkan Baut dengan Sempurna saat Memasang Ban Serep Mobil

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Selasa, 27 Desember 2022
Kencangkan Baut dengan Sempurna saat Memasang Ban Serep Mobil
Kencangkan baut ban mobil dengan sempurna saat memasangnya. (Foto: Unsplash/Jaye Haych)

TIDAK perlu panik saat ban mobil bocor. Segera ganti dengan ban serep. Cara mengganti ban serep mobil mudah. Asalkan kamu membawa peralatan lengkap, kamu bisa memasang ban serep di mana saja.

Namun, ada satu hal terlupakan saat mengganti ban serep mobil, yakni saat mengencangkan bautnya. Mengencangkan baut ban tidak boleh asal-asalan. Apabila mengencangkan baut tidak sempurna, ban mobil bisa goyang, bahkan terlepas saat mobil kembali melaju.

Baca Juga:

Jangan Salah Pilih Ban Dalam Supaya Selamat di Jalan Raya!

Sebelum mengganti ban serep, tepikan mobil terlebih dulu di tempat aman. Ya, meski mobil tidak melaju dengan sempurna karena ban bocor, kamu tidak perlu panik. Kemudikan mobil seperti biasa dengan kecepatan perlahan menuju tempat yang tepat untuk mengganti ban.

Tidak perlu mengencangkan baut dengan sempurna saat ban masih mengambang. (Foto: Unsplash/Nathan Dumlao)

Selanjutnya, keluarkan ban serep dari mobil. Putar pengunci ban berlawanan arah jarum jam untuk melepasnya. Kemudian, persiapkan toolkit bawaan mobil beserta dongkrak untuk mulai melepas ban yang bocor.

Mulailah dengan mengendurkan baut ban sebelum mendongkrak mobil. Ketika baut sudah longgar, baru lah kamu mendongkrak mobil, kemudian putar seluruh baut hingga ban bisa dilepas. Setelahnya, pasang ban serep mobil dan kencangkan bautnya dengan tara cara yang benar.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan mengencangkan baut ban tidak perlu langsung dimulai menggunakan alat. Kamu bisa menggunakan tangan terlebih dahulu untuk memastikan baut sudah masuk dengan posisi lurus. "Gunakan tangan terlebih dahulu, putar bautnya, baru setelah itu menggunakan alat untuk mengencangkannya," ujar Suparna seperti dilansir dari Kabaroto.

Baca Juga:

Biar Ban Sepeda Motor Awet, Rawat dengan Cara Sederhana Ini

Pastikan juga posisi ban masih dalam keadaan mengambang atau mobil masih didongkrak saat baut terpasang. Tidak perlu mengencangkan baut dengan sempurna saat ban masih mengambang. Kamu cukup memutar baut hingga tidak longgar.

Tidak perlu memasanga baut dengan berurutan searah jarum jam. (Foto: Unsplash/Tommy)

Barulah setelah dongkrak diturunkan, sempurnakan pengencangan baut menggunakan alat. Kamu tidak perlu menginjak alat untuk memastikan baut sudah terpasang dengan sempurna. Cukup putar alat tersebut menggunakan tangan hingga tidak bisa lagi diputar.

Dalam memasang dan mengencangkan baut ban, tidak perlu berurutan searah jarum jam. Pasang baut secara bersebrangan. Dengan begitu, pelek tidak akan miring dan terpasang dengan sempurna. (ikh)

Baca Juga:

Biar Cutting Sticker Awet, Jangan Dilap!

#Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan