Kencang dan Mewah, Inilah 5 Mobil Polisi Terbaik di Dunia Mobil Kepolisian Terbaik di Dunia (foto: BusinessInsider)

SEBAGAI pelayan publik, petugas kepolisian seringkali diupah tidak sesuai dengan apa yang sudah mereka lakukan setiap harinya. Bahkan para petugas kepolisian rela mempertaruhkan nyawanya tanpa minta imbalan yang lebih. Mereka harus bekerja selama berjam-jam dalam satu hari, bahkan hingga larut malam, dan terkadang mendapat kendaraan operasional yang tidak nyaman.

Namun beberapa departemen kepolisian dari beberapa negara di dunia telah melakukan peningkatan untuk kendaraan operasional yang digunakan para petugasnya, berikut beberapa mobil kepolisian terbaik di dunia yang dilansir dari laman hot cars.

Baca juga:

Sports Cars, Supercars, dan Hypercars, Apa sih Bedanya?

1. Nissan GT-R

Kencang dan Mewah, Inilah 5 Mobil Polisi Terbaik di Dunia
Nissan GT-R (foto: Motor1)

Nissan GT-R digunakan sebagai mobil kepolisian di Abu DHabi dan juga Jepang. Di Abu Dhabi mobil ini digunakan hanya untuk mempromosikan suatu hal, jika di Jepang, kepolisian mendapat sumbangan Nissan GT-R yang digunakan sebagai mobil patroli.

Kepolisian Jepang mendapat sumbangan itu dari penduduk Prefektur Tochigi, saat diberikan kepala kepolisian sangat senang dengan pemberian itu, bahkan sampai membuat upacara penerimaan mobil itu. Untuk mencapai kecepatan 0-100 hanya butuh waktu 3,2 detik.

2. Tesla Model X

Kencang dan Mewah, Inilah 5 Mobil Polisi Terbaik di Dunia
Tesla Model X (foto: Electrek)

Mobil patroli yang satu ini dianggap sebagai mobil patroli masa depan. Tesla Model X, mobil ini di digunakan di Victoria, Australia. Diharapkan dengan Tesla Model X polisi yang berpatroli akan lebih efisien.

Tesla X milik kepolisian sudah tidak orisinil, karena banyak sekali bagian yang dimodifikasi untuk mempermudah polisi. Sebagai contoh layar utama Tesla sudah terhubung dengan departemen kepolisian Victoria, Australia.

3. Lotus Exige Cruiser

Kencang dan Mewah, Inilah 5 Mobil Polisi Terbaik di Dunia
Lotus Exige (foto: newstreet)

Exige digunakan oleh kepolisian di Sydney, Australia, dan Sussex, Inggris. Namun di Sussex mobil ini hanya untuk tujuan diplomatik saja, dan sudah jarang untuk berpatroli menangkap pelanggar kecepatan di jalan. Menurut kepolisian, Lotus Exige merupakan mobil sport yang sangat mencuri perhatian.

Baca juga:

Lotus Evija, Hypercar Bertenaga Listrik Pertama Dunia

Para remaja sangat senang melihat mobil kepolisian yang satu ini di jalanan. Tidak jarang mereka menanyakan apapun tentang mobil ini kepada polisinya secara langsung.

Kepolisian Australia bisa menggunakannya untuk menghimbau pengguna jalan agar mengemudi dengan aman. di Sydney mobil ini digunakan untuk mengejar dan menangkap pengendaran yang melanggar hukum.

4. Lamborghini Gallardo

Kencang dan Mewah, Inilah 5 Mobil Polisi Terbaik di Dunia
Lamborghini Gallardo (foto: EuroCars)

Selanjutnya Lamborghini Gallardo. Gallardo sudah kerap digunakan oleh departemen kepolisian di berbagai negara seperti Inggris, Italia, dan Afrika Selatan. Di Italia Gallardo hanya digunakan untuk keadaan darurat saja.

Belum lama ini, seorang polisi yang menjadi pengemudi mobil ini mengalami kecelakaan. Akibatnya kepolisian Italian terpaksa menghancurkan mobil tersebut. Gallardo sendiri memiliki mesin V10 yang sangat tangguh, sehingga harus berhati-hati jika mengendarainya.

5. Bugatti Veyron

Kencang dan Mewah, Inilah 5 Mobil Polisi Terbaik di Dunia
Bugatti Veyron (foto: Autoevolution)

Bugatti Veyron ini menjadi mobil kepolisian tercepat dan termahal di dunia untuk saat ini. Memiliki harga sekitar Rp56 miliar, memiliki kecepatan tertinggi 407 km/jam. Veyron eiliki 1.000 tenaga kuda dan kecepatan dari 0-60 hanya butuh waktu dua detik saja.

Baca juga:

Poin Penting untuk Mengategorikan Mobil sebagai Supercar

Mobil ini bukan untuk mengejar penjahat, tetapi untuk mengejar para turis dari manca negara. Selain itu untuk mengendarai mobil ini tidak hanya polisi laki-laki saja tetapi perempuan juga bisa mengendarainya. Veyron banyak digunakan di Dubai. (ape)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH