Kenapa Streaming Apps Jadi Tempat Konser Baru? Billie Eilish Apple The World's a Little Blurry (Foto: apple.com)

KETIKA pandemi membuat sebagian besar konser langsung terhenti pada tahun 2020, semakin banyak musisi dunia beralih ke situs streaming untuk berbagi musik dan cerita mereka.

Pada tahun lalu, Beyoncé, Taylor Swift, Justin Bieber, Shawn Mendes, Ariana Grande, Bruce Springsteen, dan Beastie Boys adalah beberapa artis yang merilis film visual atau dokumenter intim tentang musik mereka di Disney +, YouTube, Netflix, dan Apple TV +.

Billie Eilish akan bergabung dengan mereka dalam film dokumenter Apple miliknya, The World's a Little Blurry pada Februari 2021. Amazon akan menyiarkan film dokumenter tentang Rihanna, disutradarai oleh Peter Berg, pada Juli 2021.

Film-film tersebut telah menawarkan para musisi cara alternatif untuk tetap terhubung dengan penggemar mereka selama pandemi.

Kritikus musik Jim Farber mengatakan kepada CNN (5/1), gelombang dokumenter bintang pop dan rock baru-baru ini adalah versi panjang dari apa yang ingin disampaikan banyak musisi tentang citra mereka yang terpampang di media massa atau di media sosial.

Baca juga:

Liam Gallagher Ajak Noel untuk Reunian Oasis

"Mereka tidak perlu duduk untuk wawancara yang lebih lama. Bentuk itu bisa lebih tajam dan akan memiliki sudut pandang yang berbeda dari yang mungkin ingin mereka tampilkan di sana," kata Farber.

Selain itu, tambah Farber, banyak dari mereka tidak dapat melakukan tur tapi pasti tetap ingin berada dalam kehidupan orang-orang, "Penggemar lupa dalam lima detik, selera mereka cukup berubah-ubah. Jadi musisi harus memberi fans aliran informasi yang stabil dan bahkan lebih baik."

Meskipun penonton mungkin melihat sekilas kehidupan aritst di luar panggung, Farber mengatakan film-film ini kemungkinan hanya mencakup apa yang diinginkan para musisi untuk dilihat fans.

"[Dokumen] biasanya dimaksudkan untuk menjadi sedikit lebih objektif. Ada sutradara dan seharusnya [yang digunakan] sudut pandang sutradara, tapi tahukah kamu, bintang-bintang mengendalikan hal-hal ini," kata Farber.

Sumber Pendapatan

Ariana Grande: Excuse Me, I Love You (Foto: netflix.com)
Ariana Grande: Excuse Me, I Love You (Foto: netflix.com)

Membuat film visual atau dokumenter juga merupakan cara bagi penyanyi atau band untuk menghasilkan uang saat mereka tidak sedang tur. "Netflix memiliki semua uang di dunia," kata Farber.

Para artis, menurut Farber memang tidak mendapatkan sebanyak jika mengadakan tur. "Tidak, mereka tidak akan menghasilkan sebanyak apa pun yang akan mereka hasilkan selama tur, tetapi dengan cara yang sama, melakukan tur adalah pengeluaran yang sangat besar, mereka mempekerjakan ratusan orang. Ini produksi yang sangat besar," dia menerangkan.

Dan penonton mengharapkan lebih banyak keintiman dengan artis yang mereka dukung, kata Farber. "Dulu mereka benar-benar ingin menjaga jarak dan penggemar menyukainya," katanya, seraya menambahkan bahwa mitos dan sikap menyendiri dulu hampir diperlukan untuk ketenaran. Satu-satunya yang bisa lolos sekarang adalah Beyonce.

Baca juga:

Prediksi Perkembangan K-Pop di 2021

Peristiwa di Balik Layar

Beastie Boys Story di Apple TV (Foto: apple.com)
Beastie Boys Story di Apple TV (Foto: apple.com)

Salah satu pendiri Beastie Boys Adam Yauch meninggal pada tahun 2012. Dengan Beastie Boys Story, yang disutradarai oleh Spike Jonze, anggota grup yang tersisa, Mike Diamond dan Adam Horovitz, berhasil membuat film berdasarkan peristiwa di balik layar yang mencakup karier mereka tanpa mengungkapkan terlalu banyak tentang kehidupan pribadi.

Produser eksekutif Beastie Boys Story, Jason Baum (yang juga memproduseri Black is King-nya Beyoncé) mengatakan kepada CNN bahwa hal itu telah membantu layanan streaming yang ingin memperluas portofolio film mereka untuk memasukkan musik.

Dan meskipun ada banyak film dokumenter musik yang masuk pada tahun 2020, Baum mengatakan, kemunculan film musik "mendahului pandemi." Dokumenter Beastie Boys Story ini misalnya, sebenarnya dibuat pada tahun 2019.

"Kedua anak laki-laki ini menulis sebuah buku dan mereka ditugasi untuk mencari cara untuk melakukan tur buku. Dan bukan gaya mereka untuk hanya pergi ke toko buku dan menandatangani sesuatu untuk orang-orang. Mereka sebagai artis ingin menghibur dan berhubungan dengan orang-orang," Baum menceritakan.

Karena itulah mereka mengadakan pertunjukan dan akan membacakan cerita dari buku. Spike Jonze pergi ke salah satu pertunjukan itu karena persahabatan dan sebagai penggemar dan akhirnya didapuk menjadi sutradara.

Jonze sangat senang dia membuatkan film dokumenter untuk Beastie Boys. Cara ini pun menguntungkan mereka. Karena, kata Baum, meski tetap aman di rumah, mereka masih menampilkan cerita mereka untuk penonton. (Aru)

Baca juga:

Harry Styles Berdansa dengan Phoebe Waller-Bridge di Video Musik Terbaru

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Facebook Matikan Aplikasi Lasso, Gagal Saingi TikTok?
Fun
Facebook Matikan Aplikasi Lasso, Gagal Saingi TikTok?

Lasso akan dimatikan pada 10 Juli 2020.

Twitter Berantas Akun Media Palsu pada Pilpres AS
Fun
Twitter Berantas Akun Media Palsu pada Pilpres AS

Twitter bertindak cepat dalam menangguhkan akun-akun media palsu yang mengumumkam klaim hasil pilpres Amerika Serikat

Stonehenge Menyiarkan Solstice Musim Panas Pertama kalinya Secara Daring
Fun
Stonehenge Menyiarkan Solstice Musim Panas Pertama kalinya Secara Daring

Siapa saja dapat menikmati situs kuno dan fenomena alam secara live straming.

Ketika Second Lead Mencuri Lampu Sorot
ShowBiz
Ketika Second Lead Mencuri Lampu Sorot

Mereka justru tampil bersinar dan bikin baper.

Orang Ingin Bunuh Diri Karena Hal Ini
Fun
Orang Ingin Bunuh Diri Karena Hal Ini

Waspada dengan keinginan untuk bunuh diri.

Si Meow Gli 'Ratu' Penghuni Hagia Sophia Paling Setia
Hiburan & Gaya Hidup
Si Meow Gli 'Ratu' Penghuni Hagia Sophia Paling Setia

Gli menjadi salah satu kucing paling populer di dunia dengan 68 ribu pengikut di instagram

Daft Punk Bubar
Fun
Daft Punk Bubar

Kabar menyedihkan ini disampaikan melalui sebuah video.

Bermain Bersama di Ghost of Tsushima: Legends
ShowBiz
Bermain Bersama di Ghost of Tsushima: Legends

Update yang bertajuk Ghost of Tsushima: Legends ini membuat para pemain bermain sebagai empat ksatria.

Facebook Perluas Pasar Messenger Kids ke Lebih 70 Negara
Fun
Facebook Perluas Pasar Messenger Kids ke Lebih 70 Negara

Facebook Perluas Pasar Messenger Kids untuk mengantisipasi kondisi saat ini.

Kumis Mario ala Harry Styles
ShowBiz
Kumis Mario ala Harry Styles

Ada kumis impresif di wajahnya.