Kenapa Sih Bumil Enggak Boleh Konsumsi Makanan Gosong? Bumil jangan mengonsumsi makanan gosong (Foto: Unsplash/Camylla Battani)

IBU hamil alias bumil jangan sembarangan mengonsumsi makanan. Bunda harus mengonsumsi makanan bersih dan sehat, agar si kecil mendapatkan nutrisi yang tepat. Salah makan bisa berdampak buruk untuk tumbuh kembang bayi.

Salah satu makanan yang harus banget bunda hindari ialah makanan gosong, terutama daging gosong. Semua orang sebenarnya tidak boleh mengonsumsi makanan gosong. Tapi khusus bagi bumil, makanan gosong harus dihindari demi kesehatan si kecil kelak.

Baca juga:

Ibu Hamil Dilarang Konsumsi Seafood? Ini Faktanya

Melansir Alodokter, daging gosong dapat menghasilkan heterocyclic amines (HCAs) dan polycyclic hydrocarbons (PAHs). Kedua bahan kimia ini amat berbahaya, karena dapat memicu perubahan DNA yang ujung-ujungnya menyebabkan kanker.

Makanan gosong dapat berdampak buruk bagi kesehatan janin (Foto: Unsplash/Aditya Romansa)

Tidak cuma daging gosong. Makanan gosong yang mengandung pati atau zat tepung semisal keripik, roti, dan kentang juga berbahaya. Misalnya roti, jika dipanggang sampai gosong bisa menghasilkan akrilamida. Zat tersebut bisa menyebabkan bayi lahir dengan berat badan yang rendah. Bahkan, ukuran lingkar kepala bayi juga bisa kecil.

Selain makanan gosong, bunda jangan pernah coba-coba mengonsumsi makanan mentah. Soalnya, terdapat bakteri dan parasit pada makanan mentah semisal salmonella, E. coli, dan Toxoplasma. Bakteri-bakteri ini bisa membuat bunda keracunan atau terkena toksoplasmosis. Lebih mengerikannya, bakteri tersebut juga menyebabkan keguguran.

Baca juga:

Hati-hati Makan Sate Kambing, Ini Bahayanya buat Ibu Hamil

Nah, bagaimana cara mengolah makanan sehat untuk bunda yang tengah mengandung? Pertama hilangkan lemak pada daging yang dimasak. Bagian kulitnya juga harus bunda hilangkan, lebih baik mengonsumsi daging tanpa kulit.

Cukup buang bagian yang gosong saja (Foto: Unsplash/James Sutton)

Lalu, jangan langsung memanggang daging mentah-mentah. Agar bisa matang sempurna tanpa gosong, rebus terlebih dulu. Selain merebus, bunda juga bisa mematangkannya dengan menggunakan microwave. Balik daging berulang kali juga ya saat memanggangnya.

Memanggang daging memang sulit, terkadang pasti masih ada saja bagian yang gosong. Bunda tidak perlu membuang daging gosong tersebut. Cukup buang bagian yang gosong, daging tersebut tetap aman untuk bunda konsumsi.

Oh iya bunda juga boleh mengolah makanan dengan menggorengnya. Jika ingin menggoreng, bunda bisa memanfaatkan air fryer. Cara menggoreng ini bisa menurunkan jumlah zat akrilamida dan lemak pada makanan yang digoreng.

Yuk bunda, bersikap cermat dalam memilih makanan saat hamil ya! (ikh)

Baca juga:

Diabetes Gestasional Banyak Terjadi pada Ibu Hamil

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH