Kenangan HS Dillon Saat Perangi Korupsi Bersama KH Hayim Muzadi tokoh nasional HAM dan sosial ekonomi HS Dillon. (Foto MerahPutih/Noer Ardiansjah)

Mendiang KH Hasyim Muzadi merupakan sosok ulama yang mampu menggunakan agama untuk memperkokoh kebangsaan. KH Hasyim Muzadi juga dikenal sebagai sosok yang sadar bahwa korupsi menjadi penyebab kemiskinan.

Hal tersebut disampaikan tokoh nasional HAM dan sosial ekonomi HS Dillon saat menghadiri pemakaman ulama besar Indonesia itu di Pondok Pesantren Al Hikam, Depok, Jawa Barat, Kamis (16/3).

"Beliau sosok yang menarik sekali. Jarang ada orang-orang seperti itu," ucap HS Dillon kepada merahputih.com seusai mengikuti prosesi pemakaman KH Hasyim Muzadi di Pondok Pesantren Al Hikam, Depok, Kamis (16/3).

Selain itu, lanjut Dillon, dirinya semakin dekat dengan almarhum saat mereka bersama-sama berperang melawan korupsi.

"Kami pernah mengadakan acara bersama di Pondok Pesantren Al Hikam, Malang. Bagi saya, beliau sosok yang luar biasa ketika bersama-sama berjuang melawan korupsi," kata Dillon.

Karena itu, ucap Dillon, dengan semangat yang besar, KH Hasyim Muzadi pernah memiliki cita-cita bersama untuk menegakkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Dan bagi beliau, korupsi inilah yang menghalangi untuk mencapai keadilan sosial," ucapnya.

"Harapan yang sempat beliau sampaikan kepada saya adalah supaya kita bisa melawan kemiskinan," tuturnya. (Ard)

Kredit : ardi


Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH