Kenalkan Cai Tao dan Hu Chun, Panda Raksasa Penghuni Baru Taman Safari

Luhung SaptoLuhung Sapto - Kamis, 28 September 2017
Kenalkan Cai Tao dan Hu Chun, Panda Raksasa Penghuni Baru Taman Safari
Giant panda dari Tiongkok yang menjadi penghuni baru Taman Safari Indonesia 1 Bogor. (Merahputih.com / Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Indonesia menjadi negara ke-16 di dunia atau ke-4 di Asia Tenggara yang mendapatkan peminjaman pengembangbiakkan (breeding loan) panda raksasa dari Tiongkok.

Panda jenis Ailuropoda Melanoleuca ini tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (28/9) sekira pukul 8.50 pagi tadi.

Panda berjenis kelamin jantan bernama Cai Tao yang artinya porselen indah. Cai Tao memiliki berat 128 kg sedangkan panda betina memiliki nama Hu Chun atau Danau Musim Semi dengan berat 113 kg.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dalam sambutannya di acara seremonial penerimaan Giant Panda hari ini mengatakan bahwa tahun ini Indonesia mendapat kehormatan untuk menjadi negara ke-16 yang mendapatkan peminjaman pengembangbiakan (breeding loan) Giant Panda.

"Kami harapkan kerja sama ini semakin mempromosikan persahabatan antar kedua negara," katanya.

Sepasang panda raksasa yang didatangkan ke Indonesia ini merupakan pasangan hasil pengembangbiakkan China Wildlife Conservation Association.

Sementara itu Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N Mansury mengungkapkan sebagai maskapai nasional merupakan kehormatan tersendiri bagi kami untuk dapat ambil bagian dalam upaya tindak lanjut dari inisiasi konservasi panda yang telah dijalin oleh Indonesia dan Tiongkok sejak peringatan 60 tahun hubungan diplomatik antar kedua negara di 2010 lalu.

"Persiapan penerbangan Panda ini telah kami lakukan sejak tiga bulan lalu melalui koordinasi intensif dan manajeman risiko keselamatan yang dilakukan antara seluruh pihak terkait, mulai dari jajaran operasional penerbangan, pihak manufaktur, hingga otoritas terkait lainnya, sehingga saat ini pengangkutan sepasang Giant Panda dari Chengdu ke Jakarta dapat berlangsung dengan lancar," ujar Pahala.

Kedua panda akan menempati rumah mereka di Rumah Panda Indonesia di Taman Safari Indonesia 1 Bogor d ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut dengan suhu rata-rata 15-24 derajat celcius di habitat selayaknya di negeri asalnya, Tiongkok.

Dengan lingkungan dan tanaman yang sesuai dengan habitat asal kedua panda, Rumah Panda Indonesia memiliki area seluas 4.800 meter persegi.

Kehadiran kedua panda ini diharapkan menjadi daya tarik pengunjung di Taman Safari Indonesia 1 Bogor. (*)

#Panda #Tiongkok #Taman Safari Bogor
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan