Otomotif

Kenali Toolkit yang Wajib Dibawa Saat Touring Motor

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Rabu, 02 Februari 2022
Kenali Toolkit yang Wajib Dibawa Saat Touring Motor
Kenali Toolkit yang Wajib Dibawa Saat Touring Motor (Foto: pixabay/splitshire) )

SAAT touring, ada beberapa aturan yang harus diterapkan. Hal itu agar touring berjalan lancar dan tidak jadi masalah, apalagi hingga kecelakaan.

Untuk menghindari sesuatu yang tak diinginkan, peserta touring wajib membawa sejumlah perlengkapan mengemudi. Seperti helm, jaket, sarung tangan, sepatu serta jas hujan. Jangan lupa juga bawa makanan, minuman dan pakaian.

Baca Juga:

Begini Kalau Bapak-Bapak Mau Touring

Siapkan kunci busi di dalam mobil, agar tidak perlu repot bila tak ada masalah (foto: istirahat)

Namun, tak hanya itu saja yang harus dipersiapkan, karena kamu juga wajib membawa toolkit. Hal itu berfungsi untuk mengatasi masalah yang dialami pada sepeda motor.

Ade Rohman, Sub Departement Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), main dealer motor Honda di Jawa Barat, menjelaskan ada sejumlah Tool Kit yang wajib dibawa saat touring

Seperti yang dilansir dari laman kabaroto.com, toolkit yang wajib dibawa pertama yakni kunci busi, alat ini biasanya digunakan dalam keadaan darurat. Seperti ketika motor mogok, pertama kali yang wajib diperiksa adalah busi karena berfungsi untuk pengapian.

Kunci busi bisa berguna untuk semua jenis motor, dari mulai motor matik, sport hingga bebek. Apabila busi tidak berfungsi, bisa dipastikan seluruh komponen dari mesin hingga kelistrikan akan mati. Tentunya perjalanan touring kamu jadi terhambat.

Kedua yakni obeng plus dan minus. Obeng bisa digunakan untuk membuka baut maupun skrup, yang ada pada bodi dan komponen lainnya.

Obeng juga bisa digunakan untuk membuat baut di bodi motor untuk menyetel stasioner atua idling. Selain itu, bisa juga dipakai untuk pengecekan saluran bahan bakar.

Baca Juga:

Kemenparekraf akan Hadirkan Panduan Wisata Touring

Ketiga yakni Tang longnose dan potong. Fungsi tang yaitu untuk memasang dan membuka sambungan rantai. Selain itu tang juga bisa memotong dan mengupas kabel, membuka baut slek, menjepit klem dan lain sebagainya.

Keempat ialah Kunci L. Kunci L dengan komposisi satu set yang lengkap bisa kamu bawa karena akan berguna bila ada masalah pada motor di jalan. Kunci L bisa membuka beberapa bagian tertentu. Jadi, bila diperlukan alat ini bisa langsung digunakan. Mencari alat ini cukup sulit, karena tidak semua pengguna motor mempunyai dan membawanya.

Kelima yaitu kunci pas dengan ukuran 10x12 dan 14x17. Fungsi kunci ukuran tersebut, yakni untuk mengencangkan atau melepas baut dan mur, dengan bentuk segi enam atau kotak. Bila kendor baut atau murnya, kunci pas tersebut bisa langsung digunakan, agar tidak mengganggu perjalanan.

Lalu, yang keenam ialah pompa angin portable. Pompa angin berukuran mini sangat penting. Selain praktis untuk dibawa, pompa tersebut bisa digunakan ketika ban motor kempis karena bocor alus atau kurang angin. Pompa tersebut bisa digunakan sementara hingga kamu bertemu bengkel tambal ban. (ryn)

Baca Juga:

Touring Aman Ala Eddi Brokoli

#Otomotif #Tips Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan