Otomotif
Agar Tak Rugi Beli Mobil Bekas Kenali tips meminimalisir kerugian saat membeli mobil bekas (Foto: pixabay/tumisu)

MOBIL bekas besertifikasi imerupakan salah satu alternatif paling jitu untuk memiliki kendaraan pribadi. Ada banyak keuntungan yang bisa didapat, dengan membeli mobil bekas.

Salah satu keuntungan dari mobil bekas besertifikasi yakni harga mobil dan pajak yang lebih terjangkau, tapi kualitasnya hampir serupa dengan mobil baru.

Baca Juga:

Pentingnya Mengetahui Cara Kerja ECU pada Mobil

Adanya sertifikasi dan pegecekan yang ketat, kondisi mobil bekas pun bisa didapat seperti baru. Kendati demikian, membeli mobil bekas pun merupakan tantangan yang tidak mudah. Karena, sering kali kondisi mobil bekas tidak sesuai dengan apa yang tertera di iklan, atau yang penjual terangkan.

Seperti halnya, kualitas mobil yang tidak sebanding dengan uang yang dikeluarkan, harga yang terlampau tinggi, surat-surat tidak lengka, terdapat kerusakan yang tidak diinfokan, dan sebagainya.

Karena itu, ada sejumlah hal yang perlu dilakukan dan disiapkan sebelum membeli mobil bekas. Hal itu untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Adapun empat hal yang perlu diperhatikan agar terhindari dari kerugian. Pertama yakni lakukan survei menyeluruh. Seperti cari tahu harga pasar dari mobil bekas yang kamu taksir, dan coba membandingkan dengan kandidat lainnya, untuk mendapat harga terbaik.

Kemudian, jangan lupa mencari tahu informasi tentang si penjual mobil bekas. Seperti mencari tahu rekam jejak transaksi dan membaca testimobil dari pelanggannya. Hal itu penting dilakukan, agar bisa mendapat mobil bekas yang berkualitas dengan aman.

Cek surat-surat serta bagian-bagian mobil seperti interior dan eksterior (Foto: pixabay/pexels)

Langkah kedua yakni mengecek kelengkapan surat dan asuransi mobil. Cek dokumen kepemilikan dari mobil bekas yang kamu beli. Pastikan STNK serta BPKB dari mobil bekas itu asli dan nama yang tertera sesuai dengan pemilik.

Kemudian, pastikan juga kewajiban pajak yang dibayar tepat waktu oleh pemilik sebelumnya. Jangan lupa juga untuk mengecek ketersediaan asuransi dari mobil bekas tersebut. Seperti halnya, mengecek apakah pemilik lama menggunakan asuransi atau tidak, bila iya, pastikan asuransinya masih berlaku.

Langkah yang ketiga yakni cek kualitas mobil. Caranya, dengan mengecek kondisi serta kelengkapan komponen yang ada pada interior dan eksterior mobil.

Untuk bagian interior, pastikan AC, lampu, speedometer, head unit, dan wiper berfungsi dengan baik. Untuk bagian eksterior, kamu bisa mengecek kerusakan seperti baret atau penyok.

Kemudian, cek juga lampu mobil. pastikan lampu depan dan belakang masih menyala dengan terang. Selanjutnya cek juga seluruh kompartemen mesin mobil, pastikan semua berfungsi dengan baik.

Baca Juga:

Tips Perawatan Mobil Mudah Bagi Perempuan

Jangan lupa lakukan test drive terlebih dahulu dan cek bagian-bagian penting pada mesin mobil (Foto: pixabay/devolk)

Langkah keempat yakni memilih platform jual beli mobil yang terpercaya. Kamu tak perlu melakukan survei menyeluruh secara manual dan menghindari kerugian. Pilihlah platform jual beli mobil yang terpceraya, salah satunya yakni CARRO Indonesia.

Kamu tak perlu khawatir soal kelengkapan dokumen kepemilikan, karena CARRO sudah memastikan seluruh mobil bekas yang dijual punya dokumen kepemilikan serta riwayat servis yang lengkap. Selain itu, semua mobil bekas yang dijual sudah melewati 150 titik inspeksi dengan jaminan bebas banjir, bebas kecelakaan, bukan mobil curian, serta tidak ada kerusakan akibat air atau api.

Seluruh riwayat mobil serta hasil inspeksi dapat dilihat hanya dengan memindai QR Code yang tersedia pada setiap mobil. Begitupun dengan aminan dokumen kepemilikan dan hasil inspeksi yang transparan, CARRO juga menyediakan sejumlah layanan dan program penjualan demi memberikan kemudahan kepada konsumen.

Seperti transaksi hybrid online offline, layanan nationwide delivery, asuransi berbasis penggunaan atau usage based insurance hingga layanan home test drive. (Ryn)

Baca Juga:

Tips Mencegah Stres Saat Mengemudi Mobil di Musim Hujan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Waspada, Malware Berkedok Squid Game Beredar
ShowBiz
Waspada, Malware Berkedok Squid Game Beredar

Perusahaan Keamanan Kaspersky menemukan beberapa file malware dengan menyertakan nama serial tersebut.

'Don’t Look Up' Menjadi Film Netflix Paling Banyak Ditonton ke-3
ShowBiz
'Don’t Look Up' Menjadi Film Netflix Paling Banyak Ditonton ke-3

Don’t Look Up ditulis dan disutradarai oleh Adam McKay.

Pria, Jaga Mentalmu Sehat, jangan Terjebak Toxic Masculinity
Hiburan & Gaya Hidup
Pria, Jaga Mentalmu Sehat, jangan Terjebak Toxic Masculinity

Banyak kaum Adam di luar sana yang 'kena cibiran' karena dianggap kurang macho.

 5 Tayangan Thriller Korea Siap Bawa Kengerian untuk Penonton
ShowBiz
5 Tayangan Thriller Korea Siap Bawa Kengerian untuk Penonton

Tayangan Korea menyajikan premis yang unik dan visual yang berbeda.

Tiga Jenis Investasi Bikin Damai Bisa Jadi Sumber Dana Pensiun
Fun
Tiga Jenis Investasi Bikin Damai Bisa Jadi Sumber Dana Pensiun

Semakin cepat berinvestasi semakin besar manfaatnya.

Bantuan Rp 100 Juta untuk Pasangan Ingin Menikah
Fun
Bantuan Rp 100 Juta untuk Pasangan Ingin Menikah

Tak perlu lagi memikirkan biaya menikah.

Kini Waze Berikan Peringatan Tentang Lalu Lintas Sebelum Berkendara
Fun
Kini Waze Berikan Peringatan Tentang Lalu Lintas Sebelum Berkendara

Fitur pemberitahuan lalu lintas akan memperingatkan pengguna tentang kondisi lalu lintas pada rute yang tengah mereka lalui

LEGO Bikin Prototipe Kepingan Balok Ramah Lingkungan
Fun
LEGO Bikin Prototipe Kepingan Balok Ramah Lingkungan

Sepenuhnya terbuat dari plastik daur ulang.

Baru Tayang, ‘Jungle Cruise’ Pimpin Box Office AS
Fun
Baru Tayang, ‘Jungle Cruise’ Pimpin Box Office AS

Diadaptasi dari wahana bermain Disneyland.

Trailer Pertama Game 'AVATAR: Frontiers of Pandora'
Fun