Kenali Tips Aman Saat Menggunakan WiFi Publik

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Sabtu, 21 Agustus 2021
Kenali Tips Aman Saat Menggunakan WiFi Publik
Kenali sejumlah tips aman untuk menggunakan WiFi publik(Foto: pixabay/geralt)

SAAT ini kebutuhan internet seseorang sudah seperti 'makanan pokok', terlebih karena adaptasi di masa pandemi COVID-19, semuanya serba online. Dari mulai urusan pekerjaan, pendidikan, bisnis, hingga berkomunikasi dengan teman.

Di satu sisi kebutuhan internet kian meningkat, di sisi lain tidak semua orang mampu membeli kuota internet dalam jumlah besar. Alhasil, banyak yang memanfaatkan WiFi publik untuk berselancar di dunia maya.

Baca Juga:

Peneliti Temukan Celah Keamanan WhatsApp di Status Online

Bicara soal WiFi publik, memang terbilang sangat membantu dan praktis ketika diperlukan. Tapi sayangnya WiFi publik tidak selalu aman, karena rentan dimanfaatkan oleh penjahat siber untuk melancarkan aksi kriminal.

waspada dalam menggunakan WiFi publik (Foto: pixabay/geralt)

Para pengguna WiFi publik perlu waspada, karena ada kemungkinan bisa menjadi korban pencurian data. Bila penjahat siber mendapat data finansial, kredensial login, dokumen obrolan pribadi dan sebagainya, para penjahat itu melakukan pemerasan pada tabungan serta membajak akun pengguna.

Apabila pengguna terhubung ke jaringan yang tak aman dari perangkat kerja, rahasia bisnis perusahaan bisa jadi bisa jatuh ke tangan yang salah.

Pada beberapa kasus, penjahat siber bahkan bisa diam-diam menginfeksi perangkat dengan malware, yang masih akan tetap ada meskipun sambungan dari WiFi berbahaya telah terputus.

Karena itu, kamu perlu waspada dalam menggunakan WiFi publik. Untuk mencegah terjadi sesuatu yang diinginkan, ada beberapa tips menggunakan WiFi publik yang direkomendasikan oleh kaspersky.

Seperti yang dilansir dari laman Antara, tips yang pertama yakni berhati-hati dengan WiFi publik. Dalam hal ini tidak peduli seberapa menggiurkan atau mendesaknya transaksi pribadi, jaringan WiFi tanpa kata sandi sangat tak dianjurkan untuk menangani informasi penting.

Karena, data-data yang dikirim atau diterima lewat WiFi publik, ada kemungkinan bisa dilihat oleh siapapun yang mempunyai akses ke jaringan yang sama.

Baca Juga:

Pentingnya Memperhatikan Sistem Keamanan Siber Bagi UMKM

Sebaiknya gunakan WiFi publik untuk membaca berita, namun hindari masuk ke layanan apapun. Hal itu guna menghindari akun kamu disusupi oleh penjahat siber. Hal itu juga berlaku pada jaringan yang memiliki kata sandi, karena tidak terjamin keamanannya.

Tips kedua periksalah nama WiFi atau hotspot secara seksama. Karena, sejumlah penjahat siber terkadang berada selangkah di depan.

Seperti contoh alih-alih pengguna terhubung ke jaringan WiFi publik, si pengguna justru bisa terkoneksi dengan jaringan buatan mereka sendiri, dengan nama yang mirip.

Untuk mencegahnya, penting untuk meluangkan waktu sejenak memeriksa nama koneksi yang tersedia, sebelum kamu bergabung dengan jaringan WiFi publik baru.

Perhatikanlah dengan baik urutan kata yang benar, besar kecilnya huruf, penggantian huruf dengan angka yang bentuknya mirip, garis bawah ekstra, dan sebagainya.

Ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakan WiFi publik (Foto: pixabay/geralt)

Tips ketiga yakni nonaktifkan koneksi otomatis pada WiFi. Biasanya perangkat modern berusaha menyederhanakan hidup dengan menawarkan fitur untuk terhubung ke WiFi publik secara otomatis.

Sayangnya, fitur sejenis itu bisa membuka kesempatan bagi para penjahat siber, untuk menyebarkan malware maupun melakukan pencurian kata sandi.

Guna mencegah insiden itu terjadi, pastikan WiFi pada perangkatmu mati ketika tidak digunakan, dan nonaktifkan koneksi otomatis ke jaringan.

Tips keempat yaitu hindari WiFi yang tidak terpercaya. Usahakan menggunakan WiFi rumah atau perusahaan yang aman ketika memasukan akun bank, pasor dan akun krusial lainnya. Lebih baik gunakan data seluler untuk hal-hal yang bersifat pribadi atau krusial. (Ryn)

Baca Juga:

TikTok Hadirkan Toolkit Keamanan Keluarga, Intip Fungsinya

#Teknologi #WiFi Gratis #WiFi #Peretasan
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan